Hari AIDS Sedunia


Hari AIDS Sedunia

Hari Aids diperingati setiap tanggal 1 Desember dengan tujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh virus HIV. Hari AIDS sedunia pertama kali dicetuskan pada Agustus 1987 oleh James W. Bunn dan Thomas Netter, dua pejabat informasi masyarakat untuk Program AIDS Global di Organisasi Kesehatan Sedunia di Geneva, Swiss.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai AIDS mari kita lihat terlebih dahulu apa itu HIV. Kasus Human immunodeficiency virus (HIV) pertama kali ditemukan pada tahun 1981, namun diyakini virus ini sudah ada sejak tahun 1920 di kota Kinshasa (Kongo). Peneliti menemukan virus yang mirip di tubuh monyet, kera, hinga simpanse.

Berbagai penelitian dilakukan untuk menemukan obat yang effektif mencegah ataupun menanggulangi virus HIV. Selain obat yang diperlukan, kesadaran masyarakat pun dibutuhkan untuk mencegah penyebaran virus HIV penyebab AIDS ini semakin tersebar luas.

Harapan diperingatinya hari AIDS sedunia adalah supaya kita sendiri memiliki kesadaran untuk berusaha menghindar dari penyakit yang mematikan ini, dan berupaya menjaga agar keluarga kita, teman, tetangga, dan seluruh saudara sebangsa kita tidak terjangkiti HIV/AIDS. Menunjukkan kepedulian kepada para penderita HIV/AIDS, sebab mereka adalah bagian dari kita juga dan tidak semua penderita adalah pelaku. Banyak diantara para penderita HIV/AIDS yang hanya menjadi korban, tetapi diharuskan memikul banyak beban. Seperti anak-anak yang tertular dari orang tuanya sewaktu dalam kandungan, ibu-ibu rumah tangga baik-baik yang tertular dari suaminya yang tidak setia, atau pun yang tertular melalui tranfusi darah.

Penyandang AIDS/HIV bukanlah orang-orang yang harus kita hindari, kita dapat memberikan bantuan moral seperti tidak menghindari ataupun melecehkan mereka.

By : Recruitment Corporate Summarecon

Referensi :

http://www.kochiefrog.com/2015/11/hari-hiv-aids-sedunia.html

http://health.liputan6.com/read/2378353/perjalanan-panjang-asal-usul-virus-hiv

Share this Post:

Related Posts: