Beberapa Alasan Mengapa Karyawan Meninggalkan Pekerjaannya


Dalam pekerjaan tidak dapat dipungkiri beberapa faktor mempengaruhi bagaimana seorang karyawan bertahan atau memilih meninggalkan pekerjaannya. Di bawah ini beberapa faktor yang seringkali sebagai penyebab karyawan meniggalkan pekerjaannya :

1. Tidak ada kesempatan untuk berkembang seringkali sebagai penyebab utama karyawan meninggalkan pekerjaannya. Apalagi bagi fresh graduate yang sedang meniti karier tentunya sangat mencari perusahaan-perusahaan yang mampu membantu mereka mengembangkan kompetensi (hard skill dan soft skill).

2. Tidak puas dengan kepemimpinan manajemen dapat memicu karyawanmeninggalkan pekerjaannya. Ketidakcocokan seringkali membuat motivasi kerja karyawan menurun sehingga mereka memilih untuk keluar mencari peluang di perusahaan lain.

3. Tidak puas dengan lingkungan atau budaya perusahaan, ketidakpuasan ini membuat karyawan seringkali tidak nyaman bekerja. Lingkungan pekerjaan yang dirasa tidak sehat ataupun tidak sesuai dan berlangsung terus-menerus mampu membuat karyawan memiliki tekanan psikologis yang mempengaruhi motivasi kerja dan ketidakpuasaan dengan kondisi perusahaan dan akhirnya memilih untuk resign.

4. Ingin pekerjaan yang lebih menantang. Banyak karyawan yang mencari sesuatu yang berbeda dengan pekerjaan yang sekarang. Biasanya banyak karyawan mudah keluar dari pekerjaannya karena alasan ini.

5. Tidak puas dengan Jenjang karir dan benefit. Jenjang karir dan benefit yang diberikan perusahaanmemang berbeda satu dengan lainnya. Pada saat karyawan merasa tidak puas dengan ketidakpastian pengembangan karir dan benefit yang diberikan perusahaan, karyawan akan mencari perusahaan lain yang memberikan jenjang karir dan benefit yang lebih baik.

6. Kontribusinya kurang dihargai dan diakui. Terlepas dari gaji dan fasilitas yang diberikan perusahaan,ketika pekerjaan yang sudah diselesaikan dengan susah payah tidak dihargai, maka bukanlah tidak mungkin seorang karyawan akan meninggalkan pekerjaannya karena faktor kurangnya penghargaan.

By : Recruitment Corporate Summarecon

Referensi : https://www.instagram.com/jobplanet.indonesia/

http://www.kompasiana.com/cucum-suminar/ini-penyebab-karyawan-terbaik-resign_56adece38e7e618515c3bac2

Share this Post:

Related Posts: