PERSIAPAN MENGHADAPI DUNIA KERJA DAN AKTIF BERORGANISASI


Persiapan Menghadapi Dunia Kerja dan Aktif Berorganisasi

Terus menerus berkutat dengan tebalnya buku teks, guna memperoleh indeks prestasi yang tinggi dan lulus tepat waktu, tidak menjamin seorang mahasiswa akan meraih karir yang cemerlang di masa depan. Pada kenyataannya, kemampuan akademis yang berada di atas rata-rata tidak cukup untuk bertahan ketika memasuki dunia kerja, bukan berarti hal-hal tersebut tidak penting. Beberapa hal-hal lain yang perlu diasah diluar ruang kelas untuk mendapatkan karir yang baik, setelah menyelesaikan pendidikan (Sarjana).

Orang yang memiliki kemampuan akademis di atas rata-rata tetapi tidak memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara baik dengan rekan kerja, atasan, ataupun klien, akan mengalami kesulitan untuk survive ketika bekerja. Oleh karena itu, penting untuk mahasiswa terlibat dalam suatu kegiatan kemahasiswaan/organisasi.

Organisasi, menurut J.R. Schermehorn, merupakan sekumpulan orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Melalui organisasi, mahasiswa dapat memperoleh lebih banyak relasi dan memperluas jaringan. Selain itu, melalui organisasi mahasiswa dapat berlatih untuk menyampaikan dan menerima pendapat, memberi amanah, dan mengatasi konflik, sehingga melatih kemampuan bersosialisasi dan mengasah soft skills. Soft skills sendiri merupakan kemampuan manajemen diri dan orang lain.

Seringkali sebuah organisasi mengadakan sebuah event yang melibatkan mahasiswa dengan mendelegasikan tugas-tugas tertentu, sehingga mahasiswa terlatih untuk bertanggungjawab, melatih kepemimpianan dan membagi waktu guna pelaksanaa event tersebut berjalan dengan baik dan sukses.

Keaktifan berorganisasi dapat dijadikan sebagai nilai tambah ketika melamar pekerjaan disuatu perusahaan. Menurut Arif Apriansyah, ketika ada dua orang yg mengajukan lamaran pekerjaan, dengan tingkat pendidikan yang setara, maka biasanya yang akan direkrut oleh perusahaan adalah individu yang memiliki pengalaman organisasi lebih banyak. Hal tersebut terjadi karena individu yang memiliki pengalaman organisasi lebih banyak dianggap memiliki kompetensi yang lebih tinggi.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon, Tbk

Reference :

http://bagikata.com/3-skill-yang-harus-kamu-gali-semasa-kuliah/

http://www.isigood.com/uncategorized/manfaat-jika-kamu-berorganisasi/

http://hariannetral.com/2015/03/pengertian-organisasi-tujuan-ciri-dan-struktur-organisasi.html#

http://www.kompasiana.com/nurdin-alazies/magang-dan-pengalaman-organisasi-menambah-nilai-plus-bagi-fresh-graduate_5528cd1b6ea834fd538b4604


Share this Post:

Related Posts: