JANGAN "CURHAT" PADA REKAN KERJA

Jangan “ Curhat” Pada Rekan Kerja

Lingkungan kerja yang nyaman dan rekan kerja yang menyenangkan adalah salah satu faktor seorang karyawan betah bekerja di kantor. Menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja membuat Anda memiliki teman dekat yang dalam segala hal apa pun pasti Anda beri tahu, contohnya curhat. Namun seakrab-akrabnya Anda dengan rekan kerja, ada batasan tentang hal yang bisa Anda beri tahu kepada rekan, beberapa hal tersebut adalah:

  • Sedang mencari pekerjaan baru
  • Jumlah gaji dan tunjangan
  • Keluhan tentang lingkungan kantor dan atasan
  • Obrolan yang bersifat SARA

Ketika Anda sedang mencari pekerjaan baru karena mulai jenuh dengan pekerjaan yang sekarang, tahan untuk memberitahukan hal ini kepada teman kantor. Jangan sampai berita ini tersebar ke atasan maupun kalangan manajemen, jika tersebar maka berdampak pada manajemen yang mulai meragukan loyalitas Anda pada perusahaan.

Hal ini merupakan hal sensitif untuk dibicarakan dengan karyawan lain. Jangan membandingkan jumlah yang Anda terima dengan yang lain, ini sebaiknya menjadi peringatan untuk tidak dibicarakan karena untuk menghindari suasana tidak menyenangkan di tempat kerja. HRD memiliki penilaian tersendiri dalam menentukan besarnya gaji.

Keluhan tentang atasan dan lingkungan kerja seringkali secara tidak sadar keluar dari mulut karyawan karena kekesalannya. Meskipun tidak setiap hari Anda mendapat perlakuan yang sama, terkadang akan ada saatnya Anda mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari atasan, jangan mencurahkan kekesalan pada rekan kerja Anda, bisa jadi rekan kerja yang akan berpikiran negatif tentang diri Anda. Sesungguhnya Anda sedang menciptakan image tentang diri Anda sebagai karyawan yang tidak profesional dan tidak menghormati atasan.

Tunjukkan bahwa Anda seorang karyawan yang berkualitas dan berpendidikan sehingga Anda menunjukkan profesionalitas di kantor, sebagai karyawan yang profesional, Anda tidak perlu membicarakan hal yang bersifat SARA dengan rekan kerja. Mengingat Indonesia merupakan Negara dengan kebudayaan majemuk, Anda harus bisa saling menghormati rekan kerja di kantor, jangan sampai karir Anda tersendat karena Anda pernah bersikap SARA terhadap karyawan/rekan kerja di kantor.

By: Corporate Recruitment PT. Summarecon, Tbk

Reference:
https://kask.us/gWx1X (Rahasia Yang Perlu Anda Jaga Dari Teman Kantor)

Share this Post:

Related Posts: