INTROVERT BERARTI TIDAK PERCAYA DIRI???

INTROVERT BERARTI TIDAK PERCAYA DIRI???

Banyak yang salah mengartikan kalau introvert berarti tidak percaya diri. Kalau pendiam bisa saja benar, tetapi belum tentu tidak percaya diri. Introvert tidak selalu dihubungkan dengan percaya diri. Saat meeting atau sebelum dimulai Anda akan merasa grogi, gemetaran hingga sakit perut mendatangi. Padahal berbicara adalah suatu kebutuhan. Bagi Anda yang masih kesulitan berbicara di depan umum, coba berlatih terlebih dahulu agar berbicara dengan teman kerja menjadi lebih lancar.

Kebetulan meeting hari ini Anda harus presentasi di depan atasan dan teman-teman, tentu saja Anda merasa grogi. Agar tidak grogi, coba Anda persiapkan sehari sebelum presentasi seperti berlatih bicara, memahami atau menghafal materi dan lebih baik lagi jika Anda berlatih di depan cermin.

Setelah berlatih di depan cermin, yakin pada diri sendiri bahwa Anda dapat mengatasi kegugupan diri. Percayakan pada kemampuan Anda yang telah diasah sebelumnya dan yakin jika materi yang Anda presentasikan akan menarik perhatian teman-teman kantor maupun atasan.

Sebelum atau sesudah presentasi, coba meminta penilaian atau saran dari teman Anda. Ketika teman melihat cara kita berbicara, ia akan membantu kita membenarkan dimana yang salah dan memberi saran bagaimana yang benar. Penilaian atau saran dari teman akan memotivasi diri kita untuk berubah dan berkembang lebih baik.

Dengan beberapa cara tersebut tentu akan menuntas masalah kegugupan Anda bagi para introvert. Masalah percaya diri pasti bisa diselesaikan jika diasah dan berlatih terus.

By : Recruitment Corporate Summarecon

References:

http://www.hipwee.com/list/6-cara-belajar-public-speaking-siapa-bilang-public-speaking-itu-sulit/

Share this Post:

Related Posts: