HARI KOPERASI INDONESIA (12 JULI 2017)

HARI KOPERASI INDONESIA

Hari Koperasi Indonesia diperingati setiap tanggal 12 Juli. Hari penting tersebut mulai diberlakukan ketika Kongres Koperasi Indonesia diadakan, kongres tersebut merupakan yang pertama kali di Indonesia.

Koperasi Indonesia merupakan badan usaha yang dibentuk dan dijalankan berdasarkan prinsip-prinsip koperasi, sebagai gerakan ekonomi rakyat dengan asas kekeluargaan. Koperasi Indonesia memiliki tujuan utama, yaitu menciptakan kesejahtaraan untuk rakyat. Koperasi sudah didirikan semenjak jaman penjajahan untuk mengatasi kemiskinan yang dialami rakyat saat itu.

Pada tahun 1908, perkumpulan “Budi Utomo” didirikan oleh Raden Soetomo untuk memanfaatkan sektor koperasi demi menciptakan kesejahteraan rakyat. Kemudian pada tahun 1915, diberlakukan UU Koperasi yang mengharuskan anggaran koperasi menggunakan Bahasa Belanda dan dibuat di hadapan notaris. Di tahun 1929, didirikan sebuah partai yang bertujuan untuk menyebarluaskan semangat per-koperasian, partai tersebut adalah Partai Nasional Indonesia.

Pada masa penjajahan Jepang, didirikan koperasi yang dinamai “Kumiyai”, namun lama kelamaan, hal tersebut membuat membuat rakyat Indonesia semakin menderita. Setelah Indonesia merdeka, pada tahun 1947, Bapak Koperasi Indonesia, Bung Hatta melakukan kongres pertama di Indonesia dengan ditetapkan berdirinya Sentral Organisasi Koperasi Seluruh Indonesia (SOKRI).

Era dasawarsa ini, koperasi di Indonesia semakin berkembang sehingga dapat membantu rakyatnya, koperasi juga menjadi alat bantu perkembangan pembangunan di Indonesia yang semakin pesat.

By : Corporate Recruitmen, PT. Summarecon Agung Tbk

Reference :

http://kementeriankoperasi.com/hari-koperasi-indonesia/

Share this Post:

Related Posts: