DEADLINE KERJA DAN MANAJEMEN WAKTU


Deadline Kerja dan Manajemen Waktu

Sering kali karyawan mengeluhkan kegagalan mengejar deadline karena banyaknya limpahan pekerjaan saat waktu yang diberikan oleh perusahaan sangatlah terbatas. Namun, benarkah keterbatasan waktu merupakan biang keladi dari tidak terselesaikannya suatu pekerjaan? Atau, keterbatasan waktu hanya merupakan alasan klasik para karyawan saja?

Kebanyakan karyawan yang tidak bisa menyelesaikan sesuatu secara tepat waktu, merupakan karyawan yang senang untuk menunda pekerjaan. Mereka kurang efektif dan efisien dalam masalah pengelolaan waktu dan terlalu sering menghabiskan waktu secara percuma dengan melakukan aktivitas seperti mengobrol, surfing internet ataupun sekadar bercanda dengan rekan kerja lainnya, sehingga pekerjaan yang seharusnya bisa segera diselesaikan menjadi tertangguhkan.

Memang, pekerjaan masih dapat diselesaikan walaupun dikerjakaan pada detik-detik terakhir. Namun, pekerjaan yang diselesaikan dengan terburu-buru tidak akan menciptakan hasil yang maksimal karena tingkat ketelitian dan kehati-hatian menjadi menurun. Lalu, apa yang dapat dilakukan untuk menanggulangi permasalahan tersebut?.

1. Rencanakan apa yang hendak dilakukan setiap harinya

Hal ini dilakukan agar tidak ada aktivitas yang terlewatkan. Bila dirasa perlu, bisa pula memberi jatah waktu untuk setiap aktivitas yang akan dilakukan.

2. Buat skala prioritas

Hal ini bertujuan agar mengetahui pekerjaan mana yang harus didahulukan untuk diselesaikan.

3. Manfaatkan waktu luang untuk menyicil pekerjaan

Apabila pekerjaan utama sudah terselesaikan, bisa mulai menyicil pekerjaan yang lainnya. Sehingga ketika mendekati deadline , tidak akan merasa stress.

4. Bersikaplah secara tegas

Tekankan bahwa anda tidak akan melakukan aktivitas lain, sebelum pekerjaan selesai. Hindari pula hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian, seperti mengunjungi chat room.


By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:

https://artikelduniakerja.wordpress.com/2009/09/07/mengatasi-kekurangan-waktu/



Share this Post:

Related Posts: