BIJAK MENGHADAPI INDIVIDU KERAS KEPALA

Bijak Menghadapi Individu Keras Kepala

Dalam dunia kerja, tidak selalu dapat memilih dengan siapa harus berinteraksi. Suatu waktu dihadapkan dengan orang yang memiliki wawasan luas dan terbuka akan perubahan, tetapi seringkali pula harus berhadapan dengan orang yang keras kepala.

Orang yang keras kepala seringkali membuat situasi menjadi tidak nyaman, namun, ada cara-cara yang dapat dilakukan untuk ‘menjinakkan’ mereka selain dengan bersikap acuh dan tidak peduli.

1. Jangan berusaha untuk mengubah mereka

Karena watak seseorang hanya dapat berubah ketika memang ada keinginan dari dirinya sendiri. Sekeras apapun usaha untuk mengubah watak seseorang, tidak akan berhasil apabila individu tersebut tidak mengkehendakinya.

2. Bersabar

Individu yang berwatak keras kepala tidak dapat diperlakukan secara keras kepala pula, hal tersebut hanyamembuat masalah semakin sulit. Jadi, bersabarlah. Namun pastikan bahwa kesabaran dilandasi dengan rasionalitas, sehingga ketika dirasa sudah melampaui batasmasih mampu melakukan self-defense.

3. Berterus terang

Jangan takut untuk menyampaikan pendapat dan bersikap terus terang, apabila merasa benar. Dengan berbicara secara blak-blakan, bisa jaditelah membantu orang yang keras kepala tersebut untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

4. Jadilah sahabatnya

Memutuskan menjadi sahabat dari individu keras kepala, diharapkan individu tersebut dapat lebih mudah menerima pendapat dan masukan, sehingga sifat keras kepala yang dimiliki dapat terkikis secara perlahan.


By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:

https://keluarga.com/pertumbuhan/10-cara-menghadapi-rekan-kerja-yang-keras-kepala

Share this Post:

Related Posts: