Tips Menyimpan Data Penting secara Aman

TIPS MENYIMPAN DATA PENTING SECARA AMAN

Bagi sebagian masyarakat, data merupakan suatu hal yang sangat penting dan bernilai. Stress dapat terjadi apabila data-data yang sudah kita simpan di komputer hilang, terhapus akibat ketidaksengajaan, bahkan terkena virus sehingga tidak dapat terbuka. Data-data tersebut dapat berupa data pekerjaan di kantor, tugas mahasiswa dan masih banyak lagi.

Lalu, begaiamana cara menyimpan data-data penting agar terhindar dari semua resiko tersebut? Berikut tips-tipsnya :

1. Copy ke beberapa partisi.

Jangan pernah menyimpan data hanya dalam satu folder saja. Lakukan copy data tersebut ke beberapa partisi. Misalnya, komputer anda memiliki 3 partisi, yaitu C, D dan E, simpan data anda ke dalam tiga partisi tersebut.

2. Copy ke penyimpanan eksternal.

Anda juga dapat menyimpan data penting di dalam flash disk atau memory card. Hal ini juga memudahkan anda untuk membawa data tersebut kemanapun anda pergi.

3. Copy ke CD/DVD.

Menyimpan data ke dalam flash disk masih berisiko terkena virus. Jika datasudah jadi dan tidak ada yang perlu diubah kembali, dapat menyimpannya ke dalam CD/DVD dan dapat digandakan dalam bentuk CD/DVD.

4. Masukan ke penyimpanan online.

Sekarang ini, media online menyediakan wadah untuk menyimpan data secara online, misalnya menyimpan di email atau google drive. Simpanlah data penting di media online agar dapat dibuka dimanapun Anda berada. Cara ini merupakan cara yang praktis karena tidak hanya dapat membuka data tersebut melalui komputer/leptop, tetapi dapat juga dilihat melalui smartphone.

By : Recruitment Corporate Summarecon

Reference :

http://www.palucomputer.com/2014/09/cara-mengamankan-data-penting-di.html

Share this Post:

Related Posts: