SOLUSI BAGI PENYAKIT KANTORAN

Solusi Bagi Penyakit Kantoran

Kebutuhan hidup yang semakin bertambah dan biaya hidup yang semakin tinggi menuntut para karyawan untuk ‘banting tulang’ dari pagi hingga sore hari, bahkan sesekali hingga larut malam. Tubuh pun menjadi rentan terhadap berbagai penyakit, karena pola kerja keras tidak diimbangi dengan pola hidup sehat. Namun, tidak pernah ada kata terlambat untuk menjalani hidup secara lebih baik.

Berikut adalah penyakit-penyakit yang sering menyerang karyawan dan solusinya:

1. Stress

Deadline, pertemuan dengan klien, presentasi dan berbagai project menyebabkan penyakit ini pernah diderita oleh semua karyawan. Secara psikologis, stress dapat mengakibatkan insomnia dan kesulitan untuk berkonsentrasi. Selain itu, stress juga dapat memicu sakit kepala, menurunnya nafsu makan hingga alergi. Untuk mencegahnya, hindari membawa pekerjaan ke rumah dan dianjurkan untuk melakukan olahraga minimal seminggu sekali atau melakukan yoga/meditasi.

2. Gangguan pencernaan

Penyakit maag, radang usus maupun lambung dapat menyerang siapapun termasuk para karyawan. Hal ini terjadi karena seringnya mengorbankan waktu makan, dengan alasan banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Apabila hal tersebut terjadi secara berkala, besar kemungkinan dapat terserang gangguan pencernaan kronis dikemudian hari. Untuk mencegahnya, luangkan waktu untuk makan ketika waktu istirahat tiba sesibuk apapun Anda. Mengkonsumsi buah kaya serat dan minum air putih minimal 8 gelas seharisangat dianjurkan.

3. Sakit punggung

Duduk terlalu lama didepan layar komputer atau laptop dengan sikap tubuh yang tidak tepat, dapat mengakibatkan sakit punggung. Untuk mencegahnya, pastikan tulang belakang dapat melengkung secara proposional ke arah depan dan tidak terlalu menyandar ke belakang. Lakukan peregangan tiap 30 menit sekali dan kendurkan otot secara berkala, serta perkuat inti tubuh dengan cara aerobik.

4. Gangguan penglihatan

Mata perih, berair dan penglihatan kabur tidak jarang dialami oleh para karyawan akibat terlalu lama menatap layar computer atau laptop. Untuk mencegahnya, alihkan pandangan pada objek lain selama beberapa saat. Serta, siapkan obat tetes mata untuk mengembalikan kesegaran pandangan mata.

5. Tipus

Daya tahan tubuh dapat menurun karena rasa capai, ketika daya tahan tubuh menurun kuman dan bakteri dapat lebih cepat masuk. Salah satunya adalah bakteri Salmonella Typhi, bakteri penyebab tipus. Untuk mencegahnya, hindari mengkonsumsi makanan yang tidak terjamin kebersihannya dan pastikan tubuh beristirahat selama 7-8 jam sehari.

By : Corporate RecruitmentPT. Summarecon Agung, Tbk


Reference:

https://artikelduniakerja.wordpress.com/2009/09/02/mengenali-penyakit-kantoran-dan-solusinya/


Share this Post:

Related Posts: