SIKAP PROFESIONAL YANG MEMBAWA KESUKSESAN

Sikap Profesional yang Membawa Kesuksesan


Kata profesional sering kita dengar dalam lingkungan organisasi mahasiswa maupun lingkungan pekerjaan, terlebih lagi yang sudah lama bekerja dalam bidangnya. Profesional dapat merujuk pada dua sifat, profesional dalam profesi dan profesional dalam sikap. Sikap profesional dipercaya dapat membawa pada kesuksesan karena sikap ini akan disukai oleh atasan di kantor dan teman-teman. Anda pasti tidak mau mendengar kata-kata yang keluar seperti, “tidak profesional orang itu”. Beberapa sikap yang dapat Anda terapkan menjadi kebiasaan agar sukses.

Tepat waktu atau on-time merupakan salah satu sikap yang menunjukkan cerminan diri Anda. Meskipun ngaret atau suka telat salah satu yang menjadi budaya Indonesia, Anda harus dapat mengubah sikap seperti berangkat satu jam sebelumnya agar terhindar macet, terutama Jakarta. Jika Anda melakukan janji meeting dengan kolega, lebih baik Anda sampai di tujuan terlebih dahulu dan menunggu kolega datang, karena Anda yang membuat janji dan tidak boleh terlambat. Jika terlambat, hal ini bisa menghambat peluang bisnis Anda.

Tepati janji. Misalnya Anda ingin membuat janji bertemu kolega, lakukan perencanaan dengan baik dengan menentukan waktu dan hari sebelum hari H dengan rentang waktu yang cukup, hal ini juga menghargai kolega jika memiliki kesibukan lain. Minimal satu minggu sebelumnya untuk membuat janji, semakin tinggi posisi kolega semakin jauh hari membuat janji tersebut. Jika pihak Anda yang mengajak rapat atau bertemu, usahakan jangan sampai dibatalkan atau dijadwalkan ulang (reschedule). Hal ini tidak hanya diterapkan dalam bekerja, Anda juga harus bisa menerapkan hal ini saat bertemu teman-teman.

Pegang komitmen. Hal ini berhubungan dengan hal yang kita bicarakan pada orang lain mengenai suatu hal. Biasanya saat meeting berlangsung, tujuannya untuk menyelesaikan suatu masalah. Ketika sedang membahas solusinya dan sudah disepakati, usahakan untuk mencatat hal tersebut agar menghindari telat merealisasikan janji dan solusinya. Jika Anda sebagai pihak yang harus merealisasikan janji tersebut harus memastikan kita akan realisasikan kapan dan bagaimana caranya. Kalau setiap janji Anda tepati, nantinya kolega akan percaya dengan Anda, artinya Anda dapat diandalkan, karena hanya orang yang menepati janji yang bisa dipercaya oleh orang lain.

Sopan berhubungan dengan attitude atau sikap Anda. Bersikap sopan penting ketika sedang meeting, antara lain menjaga diri dengan tidak main handphone ketika meeting berlangsung. Jika ada telepon yang harus diangkat karena penting dan mendesak, segera keluar dari ruang meeting sehingga tidak mengganggu orang lain. Hal ini penting karena artinya kita memghargai jalannya meeting. Ketika generasi sekarang yang biasanya komunikasi via chat, kadang terjadi miss-komunikasi (misscomm) ke pihak-pihak yang lain. Komunikasi via chat sebenarnya masih dianggap tidak formal, dan jika dalam konteks pekerjaan, komunikasi via chat hanya dilakukan jika kita sudah cukup dekat secara personal.

Jangan membawa urusan pribadi ke kantor. Pasti Anda punya urusan pribadi diluar kantor seperti urusan di rumah, teman, pasangan dan lainnya. Ketika Anda merasa kesal dengan urusan pribadi, jangan membawa urusan tersebut ke kantor. Kantor bukan tempat untuk melampiaskan kekesalan, yang ada teman-teman kantor akan merasa risih atau kesal karena sikap Anda yang bad mood di kantor. Disarankan jika Anda sedang memiliki masalah pribadi, sebaiknya mengambil cuti untuk menenangkan diri di rumah.

Menjaga Penampilan. Di tempat bekerja, pastikan kita harus selalu menjaga penampilan. Menjaga penampilan tidak harus terlalu formal seperti memakai jas, semi formal seperti memakai blus atau kemeja, yang penting Anda harus bisa menyesuaikan penampilan di kantor atau acara yang dihadiri. Misalnya ada janji meeting dengan kolega, tidak mungkin Anda pakai kaos oblong atau kaos polo, pakaian yang sesuai untuk Anda pakai adalah kemeja atau blus dengan celana bahan. Harus diingat, bagaimanapun penampilan Anda adalah representasi dari perusahaan. Image perusahaan dapat terkena dampaknya kalau Anda tidak menjaga penampilan.


by: Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:
https://kask.us/hY7KT

Share this Post:

Related Posts: