POLA MAKAN DENGAN GIZI SEIMBANG

POLA MAKAN DENGAN GIZI SEIMBANG

Makanan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan karena dari makanan manusia mendapatkan sumber tenaga untuk aktivitas sehari-hari. Oleh karenaitu harus memperhatikan pola makan dan mutu makanan yang dikonsumsi harus bergizi seimbang. Bergizi seimbang berarti makanan beraneka ragam yang dikonsumsi dalam satu hari seperti zat tenaga, zat pengatur dan zat pembangun.

Tetapi apakah Anda tahu jika setiap tanggal 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi dan Makanan? Hari gizi setiap tahunnya diperingati untuk menyadarkan betapa pentingnya gizi untuk kehidupan kita. Konsep 4 Sehat 5 Sempurna yang dicetuskan oleh Prof. Poerwo Soedarmo menyarankan kita untuk memakan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin dalam jumlah tertentu.

Untuk Anda ketahui jika konsep 4 Sehat 5 Sempurna telah digantikan dengan Pedoman Gizi Seimbang (PGS)? Pedoman Gizi Seimbang merupakan penyempurnaan dari konsep 4 Sehat 5 Sempurna. Awalnya 4 Sehat 5 Sempurna lebih menekankan pada nasi, lauk pauk, sayur, buah dan susu sebagai bahan yang menyempurnakan, namun pada konsep Gizi Seimbang susu bukan penyempurna melainkan termasuk dalam kelompok lauk pauk.

Pada Konsep 4 Sehat 5 Sempurna tidak menjelaskan secara detail konsumsi air mineral yang cukup, aman, dan bersih sementara pada konsep PGS dijelaskan untuk mengonsumsi air mineral minimal 2 liter atau 8 gelas per hari. Demikian juga konsep PGS menjelaskan visual mencuci tangan dengan pengertian sebelum mengonsumsi makanan baik kecil atau besar disarankan untuk mencuci tangan terlebih dahulu agar mendukung hidup sehat dengan gizi yang sehat.

Menurut Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) menjelaskan bahwa mutu gizi di Indonesia sudah menuju angka membaik, dalam pengertian membaik berarti kita harus lebih baik lagi agar tubuh kita selalu sehat dan bugar. Apakah Anda sudah menerapkan gizi seimbang selama ini ? Pola makan yang baik, bersih dan olahraga menjadikan hidup semakin sehat.

Selamat Hari Gizi dan Makanan!

By. Recruitment Corporate PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
http://www.kompasiana.com/listhiahr/25-januari-selamat-hari-gizi- indonesiaku_54f9085ca33311e83f8b494a

http://www.depkes.go.id/article/view/16051300001/inilah-perbedaan-4-sehat-5-sempurna-dengan-gizi-seimbang-.html

http://gizi.depkes.go.id/pgs-2014-2

Share this Post:

Related Posts: