Pentingnya Membangun Networking Dalam Dunia Kerja

PENTINGNYA MEMBANGUN NETWORKING DALAM DUNIA KERJA

Dalam dunia kerja, membangun networking tentu saja sangat penting dan dibutuhkan. Jika anda mempunyai networking yang luas, hal tersebut dapat mempermudah karir dan pekerjaan anda. Selain prestasi yang anda miliki, untuk dapat meningkatkan karir anda dalam pekerjaan, dibutuhkan juga pengakuan dari kalangan eksternal maupun kalangan internal tempat anda bekerja. Dengan begitu, atasan anda dapat mempertimbangkan untuk menaikkan karir atau jabatan anda.

Namun, terdapat beberapa orang yang mengalami kesulitan dalam membangun network atau jaringan dalam dunia kerja. Mereka tidak mengerti bagaimana cara membangun networking yang baik untuk menjadikan karir mereka semakin lebih gemilang.

Berikut merupakan tips-tips untuk membangun networking dalam dunia kerja :

1. Jangan Menutup Diri Anda.

Untuk membangun sebuah networking, hal yang pertama harus anda lakukan adalah bersosialisasi. Bukalah diri anda kepada orang-orang di sekeliling anda dengan mengajak mereka untuk berkomunikasi. Dengan begitu, orang-orang di sekeliling anda akan dapat mengenal anda.

2. Percaya Diri.

Biasanya orang akan bersikap tidak percaya diri ketika bertemu lawan bicara dengan jumlah yang banyak. Hilangkan rasa tidak percaya diri anda karena akan memengaruhi kemampuan kita yang akan merugikan diri anda sendiri.

3. Bergabung dalam Komunitas.

Bergabunglah dengan komunitas yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain dapat mengolah kemampuan untuk menjadi lebih baik dan dapat mengenal kalangan yang tergabung dalam komunitas tersebut sehingga networking semakin luas.

4. Manfaatkan Media Sosial.

Di era digital seperti sekarang ini, media sosial menjadi salah satu wahana untuk melakukan komunikasi dengan masyarakat lain. Gunakan media sosial yang di miliki untuk dapat saling berkomunikasi, memberi informasi, bahkan memberi hiburan dengan mudah dan cepat bagi orang lain.

5. Membina Hubungan Terus Menerus.

Setelah melakukan hal-hal di atas, jangan lupa untuk terus membangun hubungan dengan orang sekeliling Anda. Networking yang dibangun akan sia-sia jika Anda tidak membina hubungan secara terus menerus.

By : Corporate Recruitmen, PT. Summarecon Agung Tbk

Reference :

http://info-tips-karir.blogspot.co.id/2015/01/tips-karir-pentingnya-networking-dalam.html

Share this Post:

Related Posts: