PEKAN ASI SEDUNIA (1 Agustus 2017)

PEKAN ASI SEDUNIA

1 Agustus 2017

Setiap awal pekan pada bulan Agustus (tanggal 1-7 Agustus) diperingati sebagai Pekan Asi Sedunia. Tujuannya adalah mengingatkan masyarakat di seluruh dunia bahwa air susu ibu (ASI) sangat penting untuk sang bayi. Terdapat 170 negara ikut serta dalam menyelenggarakan Pekan Asi Sedunia dengan koordinasi dari WABA (World Alliance for Breastfeeding Action) dan dibantu oleh WHO dan UNICEF.

Air Susu Ibu (ASI) merupakan sumber makanan cair pertama dan utama yang diproduksi langsung dari payudara ibu. ASI mengandung banyak gizi yang diperlukan bayi untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Selain itu, ASI juga melindungi bayi dari infeksi dan penyakit sehingga angka kematian bayi dapat berkurang. Pemberian ASI mampu memenuhi semua kebutuhan seorang bayi, mulai dari kebutuhan fisik, psikologi, sosial maupun spiritual.
Menurut Prasetyono dalam jurnal Yulianah dkk. (2013), di Indonesia pemberian ASI secara eksklusif pada bayi masih dikatakan rendah karena faktor internal dan eksternal. Faktor internalnya adalah masih minimnya pengetahuan ibu mengenai pentingnya pemberian ASI bagi sang bayi. Sementara faktor eksternalnya adalah masih kurangnya fasilitas dan sosialisasi yang diberikan pemerintah untuh memenuhi kebutuhan ibu dan bayi. Dengan diselenggarakan Pekan ASI Sedunia, para ibu diharapkan menyadari pentingnya pemberian ASI pada bayi. Sosialisasi dapat dilakukan pemerintah dan organisasi tertentu melalui talkshow, seminar dan kampanye selama satu minggu dengan mengusung tema tertentu.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference :

http://injeksionline.com/pekan-asi-sedunia-world-breastfeeding-week-1-7-agustus-2016/

https://www.bayiku.org/menyusui-bayi/pengertian-asi-manfaat-kolostrum-warna-dan-rasa-asi/

Share this Post:

Related Posts: