MELEPAS JENUH, PIKIRAN MENJADI LEBIH SEGAR

MELEPAS JENUH, PIKIRAN MENJADI LEBIH SEGAR

Sebagai seorang pekerja, rutinitas yang kita jalani lama-lama akan membosankan. Aktivitas yang nyaris tidak berubah setiap hari seperti; bangun pagi, mandi, berangkat ke kantor, sesampainya di kantor langsung duduk dan melihat layar komputer hingga jam kerja selesai. Meski berusaha menolak kejenuhan, tetap saja Anda merasa jenuh, rasa penat dan jenuh yang menumpuk akan menimbulkan rasa malas, kerja asal selesai saja. Lebih baik mengatasinya dengan hal ini agar rasa jenuh dan penat dapat teratasi.

5 hari kerja dan 2 hari libur dalam satu minggu seakan-akan liburan tidak cukup untuk Anda. Apabila Anda sedang merasa bosan dengan weekend yang begitu-begitu saja, jadikan ­weekend Anda berkualitas. Misalnya, Anda melakukan aktivitas dengan jalan-jalan singkat ke kawasan wisata di kota atau ke luar kota yang dekat dengan tempat tinggal. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa memanfaatkannya dengan quality time bersama keluarga atau sahabat, atau mengadakan reuni dengan teman-teman sekolah. Selain itu, Anda juga bisa menghabiskan waktu weekend dengan beristirahat, tidur atau anda dapat melakukan kegiatan yang terkait dengan hobi-hobi Anda yang selama ini tidak dilakukan disebabkan pekerjaan dan waktu yang kurang karena kesibukan bekerja.

Setelah semua pekerjaan kantor selesai, jangan ragu untuk pulang tepat waktu, dengan pulang tepat waktu Anda akan merasa terbebas dan lakukan hal-hal yang menyenangkan. Jangan lagi merasa terbebani setelah semua pekerjaan kantor selesai dan berhenti memikirkan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan saat Anda sampai di rumah. Jika tidak urgent/penting untuk tidak membalas email yang berhubungan dengan pekerjaan di hari libur, jika Anda melakukannya, rasa jenuh akan bertambah saat Anda masukkantor.

Selain jalan-jalan singkat di weekend, Anda juga bisa merencanakan liburan panjang. Setiap karyawan mendapatkan jatah cuti, gunakan cuti Anda dengan berlibur agar mendapat suasana baru, dengan jalan-jalan ke tempat baru. Setelah berlibur diharapkan dapat memacu semangat kerja Anda, ketika kembali ke kantor, Anda menjadi kembali bersemangat dalam melaksanakan pekerjaan.

Ketika sedang jenuh dengan pekerjaan, buatlah sebuah karya kecil seperti menjahit atau membuat origami yang dapat menyegarkan pikiran Anda. Sebuah karya kecil di tengah kejenuhan kerja dapat menjadi pelarian ketika merasa jenuh dengan pekerjaan. Lakukan hal ini sebentar saja, jangan lupa dengan kerjaan asli Anda. Karya kecil yang Anda buat dapat mengasah kemampuan dan jika dijual mungkin menjadi masukan tambahan selain gaji bulanan, lumayan bukan untuk belanja ?

Jika segala cara sudah Anda lakukan dan masih tetap jenuh, Anda perlu mengingatkan diri sendiri pada janji awal saat pertama bekerja. Ingat hari pertama Anda masuk kerja dengan bersemangat kemudian pulang dengan rasa puas dan lega. Segarkan juga ingatan Anda pada fakta bahwa Anda bekerja demi bertanggung jawab sebagai seorang pribadi yang telah menginjak usia dewasa. Anda harus mampu menunjukkan kepada orang tua dan keluarga bahwa Anda sanggup hidup sendiri dan mandiri. Jangan sampai orang tua kecewa hanya karena Anda resign dengan alasan jenuh dengan lingkungan dan pekerjaan di kantor.

By: Recruitment Corporate PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:
http://www.hipwee.com/sukses/sedang-jenuh-dengan-pekerjaan-hanya-8-hal-ini-yang-perlu-kamu-lakukan/

Share this Post:

Related Posts: