JANGAN MENGATAKAN RESIGN, PIKIRKAN SECARA MATANG-MATANG


Jangan Mengatakan Resign, Pikirkan Secara Matang-matang

Dalam dunia kerja, setiap perusahaan pastinya memiliki tantangan masing-masing. Apabila bos atau atasan kita digantikan dengan orang baru, tantangan yang dihadapi mungkin akan berbeda lagi. Atasan baru dari lingkungan dan background yang berbeda seolah merubah suasana lingkungan kerja dan merubah apapun yang telah dibangun selama ini. Perubahan ini membuat semua karyawan kaget dan belum siap menerima keadaan, tidak dapat ditolak hal ini harus cepat diterima agar mengikuti ritme kerja di kantor. Sementara itu, perubahan yang diterapkan oleh atasan baru adalah untuk memajukan kinerja karyawan dan membangun perusahaan. Dalam kondisi tersebut, membuat karyawan ingin cepat-cepat keluar dari kantor dan tidak mau berlama-lama bekerja. Timbul pemikiran apakah resign menjadi pilihan terakhir ? Apakah sudah berpikir secara matang-matang dan menerima kondisi setelah resign? Resign tidak selalu menjadi jalan terbaik untuk karyawan, mengapa?

Bukan hal yang mudah mencari perusahaan dan pekerjaan baru, setiap tahun ribuan lulusan mulai dari SMA/K, Diploma hingga Sarjana bersaing mencari pekerjaan. Masing-masing perusahaan memiliki kriterianya dalam merekrut karyawan. Sebagai orang yang pernah bekerja kita pasti mengandalkan pengalaman yang kita peroleh dari perusahaan lama tetapi dengan banyaknya saingan yang ada, peluang yang ada pasti lebih kecil. Pikirkan kembali sebelum resign, apakah Anda sudah cukup pengalaman, memiliki daya saing tinggi dan lebih baik dari lulusan fresh graduate?

Ketika Anda sudah mendapat pekerjaan di perusahaan baru, jangan berharap kalau bos Anda memiliki sifat yang sama dengan bos di kantor sebelumnya. Pada dasarnya setiap pimpinan atau atasan kerja selalu berharap memiliki tim yang solid agar dapat mengejar target bersama. Misalnya, Anda resign karena ingin menghindari tantangan yang ada, dengan arti Anda adalah orang yang mudah menyerah. Meskipun Anda nantinya melamar di bidang yang sama, tetapi tantangan yang akan dihadapi berbeda. Bukankah akan menimbulkan tantangan baru yang mungkin lebih rumit? Pada akhirnya Anda akan resign lagi dan lagi, sampai kapan Anda akan bersikap seperti itu?

Pada saat Anda melakukan interview di perusahaan baru, Anda mengetahui gaji yang akan Anda dapat, belum tentu gaji dan tunjangannya lebih baik. Karna setiap perusahaan memiliki aturan yang berbeda-beda dalam hal gaji dan tunjangan. Ketika Anda memutuskan resign dari perusahaan sekarang untuk pindah ke perusahaan lain yang memberikan gaji lebih tinggi, hal ini belum tentu benar.

Sebaiknya perlu untuk direnungkan, jika Anda terus menemui tantangan dalam bekerja, pada akhirnya Anda harus menghadapinya bukan menghindari. Setiap orang tidak sempurna, pasti pernah melakukan kesalahan, namun hal yang tepat adalah menghadapinya dan memperbaiki kesalahan tersebut. Setiap tantangan dan masalah akan menjadi guru bagi diri kita agar menjadi pribadi yang lebih dewasa. Semakin besar tantangan yang Anda hadapi dan cara menghadapinya akan menjadi poin plus di depan atasan Anda.

By: Recruitment Corporate PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:
http://www.hipwee.com/list/sebelum-memutuskan-untuk-resign-pikirkan-dulu-6-hal-ini/

Share this Post:

Related Posts: