IQ VS EQ

IQ VS EQ

Banyak orang yang beranggapan bahwa tingkat kesuksesan seseorang dapat dilihat dari IQ-nya. Para kritikus menyadari bahwa tingkat kesuksesan seseorang tidak hanya dilihat dari IQ-nya, tetapi dilihat juga dari EQ-nya.

IQ (Intelligence Quotient) merupakan ukuran kemampuan intelektual, analisis, logika, dan rasio yang dimiliki oleh seseorang. IQ dapat dikaitkan dengan kecerdasan otak seseorang dalam menerima, menyimpan dan mengolah informasi menjadi sebuah fakta, serta kemampuan mempelajari materi bilangan. IQ dimiliki seseorang sejak lahir, dimulai dari tingkat terendah sampai tingkat tertinggi, hasil tes IQ akan menentukan tingkatan tersebut.

EQ (Emotional Quotient) merupakan kemampuan seseorang dalam memahami perasaan orang lain dan diri sendiri. EQ berkaitan dengan kemampuan memotivasi diri sendiri dan kemampuan mengolah emosi dengan baik. Berbeda dengan IQ, EQ tidak dimiliki seseorang sejak lahir. EQ dapat dikembangkan melalui hal-hal seperti berusaha memecahkan masalah sendiri, menanamkan rasa hormat pada orang lain, memahami perasaan sendiri, dan banyak hal-hal lain yang ditumbuhkan oleh EQ.

Pernyataan bahwa IQ menentukan kesuksesan seseorang ternyata salah. Para psikolog sepakat bahwa dalam menentukan kesuksesan, IQ hanya berpresantase 20 persen saja, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain, termasuk EQ. Dari pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa EQ lebih memengaruhi tingkat kesuksesan seseorang dibandingkan dengan IQ.

Hal tersebut dapat terjadi karena seseorang membutuhkan kemampuan dalam mengontrol emosi untuk mencapai kesuksesan. Selain itu seseorang membutuhkan kemampuan untuk memotivasi diri, memahami karakter orang lain dan menjalin relasi baik dengan orang lain. Kepintaran yang dimiliki seseorang akan menjadi sia-sia jika tidak diimbangi dengan kemampuan dalam mengelola emosional (EQ)

By : Corporate Recruitment, PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference :

https://silviastrilyani.wordpress.com/2013/02/11/pengertian-iq-eq-dan-sq/

http://www.kompasiana.com/kuya-hejo/mana-yang-lebih-penting-iq-atau-eq_56e4aba1557b613543c27a26


Share this Post:

Related Posts: