INTERNATIONAL DAY OF FA FAMILIES - FAMILIES. EDUCATION, and WELL-BEING


International Day of Families - Families, education, and well-being

Menurut Departemen Kesehatan RI (1988) keluarga terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang berkumpul dan tinggal disuatu tempat dibawah satu atap dalam keadaan saling berketergantungan. Menurut UU No. 10 tahun 1992 keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri atas suami-istri dan anaknya, ayah-anaknya, ataupun ibu-anaknya. Sedangkan menurut Salvicion dan Celis (1998) keluarga tergabung karena adanya hubungan darah, ikatan perkawinan, atau pengangkatan hidup dalam suatu rumah tangga, saling berinteraksi satu sama lain, dan memiliki peran masing-masing didalamnya untuk mempertahankan suatu kebudayaan.

Majelis umum PBB memproklamasikan tanggal 15 Mei sebagai Hari Keluarga Sedunia, sejak tahun 1993. Perayaan internasional ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan isu-isu yang berkaitan dengan keluarga dan menambah pengetahuan tentang proses sosial, ekonomi, dan demografi yang dapat mempengaruhi kelanggengan dankeutuhan keluarga.

Tema perayaan Hari Keluarga Sedunia tahun ini adalah “Families, education, and well-being”, yang berfokus pada peran keluarga dalam mempromosikan pentingnya pendidikan bagi anak usia dini dan remaja, mensejahterakan seluruh anggota keluarga, serta menyeimbangkan peran orangtua dalam keluarga dan pekerjaan bagi pengasuhan anak-anaknya. Selain itu, perayaan Hari Keluarga Sedunia ini pun mempromosikan pembangunan dan gaya hidup berkelanjutan, hak asasi manusia, kesetaraan gender, mempromosikan budaya damai dan tanpa kekerasan, kewarganegaraan, serta penghargaan terhadap keanekaragaman budaya dan kontribusi budaya.

Usaha yang dapat dilakukan untuk mempererat hubungan keluarga diantarnya adalah dengan mengajak seluruh anggota keluarga untuk berlibur secara tiba-tiba, melakukan ritual memasak dan makan bersama, serta menonton video ataupun melihat album foto yang berisi kenangan di masa lampau. Hal tersebut dapat menumbuhkan keterikatan secara emosional diantara anggota-anggota keluarga yang berdampak pada kesejahteraan lahir – bathin, kesejahteraan emosional dan kebahagian adalah modal untuk membangunkeluarga sejahtera.

By : RecruitmentCorporatePT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:

http://www.gurupendidikan.com/10-pengertian-keluarga-menurut-para-ahli-terlengkap/

https://www.un.org/development/desa/family/international-day-of-families/idf2017.html

https://en.wikipedia.org/wiki/International_Day_of_Families

https://wolipop.detik.com/read/2012/09/15/132319/2020473/857/rutinitas-rutinitas-yang-dapat-mempererat-hubungan-keluarga

Share this Post:

Related Posts: