HARI TANPA TEMBAKAU SEDUNIA


World No Tobacco Day – A Threat to Development

31 Mei 2017

Sejak tahun 1987, negara-negara anggota PBB telah menyoroti kebiasaan masyarakat dalam mengkonsumsi tembakau serta resikonya bagi kesehatan, dan mencetuskan Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang dirayakan setiap tanggal 31 Mei.

Berdasarkan data yang dirilis oleh World Health Organization (WHO), konsumsi tembakau, berupa rokok, telah menewaskan setidaknya 6 juta penduduk dunia dimana 80% diantaranya merupakan masyarakat berpenghasilan rendah yang berasal dari negara-negara berkembang. Pada sebuah konvensi kesehatan di Panama, WHO menyebutkan jumlah ini masih dapat bertambah menjadi 8 juta pada tahun 2030 mendatang.

Tema untuk Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2017 adalah “Tobacco – A Threat to Development”, menunjukkan bahwa konsumsi tembakau dapat mengancam pembangunan berkelanjutan di semua negara dan berdampak pada kesehatan serta kesejahteraan ekonomi masyarakat secara global. Tembakau merupakan ancaman bagi semua orang, terlepas dari jenis kelamin, usia, ras, latar belakang budaya, dan pendidikan karena dapat membawa penyakit, penderitaan, memiskinkan keluarga dan ekonomi nasional, hingga berujung kematian.

Tujuan dari diselenggarakannya Hari Tanpa Tembakau Sedunia adalah mendorong negara -negara diseluruh dunia untuk melakukan kontrol terhadap penggunaan tembakau guna mengsukseskan agenda pembangunan berkelanjutan 2030 dan menunjukkan kepada individu bagaimana cara berkontribusi dan berkomitmen untuk menghentikan kebiasaan mengkonsumsi tembakau dan juga rokok.

Berikut adalah makanan yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi kecanduan terhadap rokok :

1. Sayuran

Sayuran hijau, seperti brokoli, dapat melindungi jantung dan paru-paru serta mengurangi efek racun nikotin dalam tubuh.

2. Buah

Orang yang kecanduan rokok, umumnya mengalami kekurangan vitamin C. Hal ini terjadi karena nikotin mempengaruhi metabolisme yang menyebabkan tubuh tidak mampu menyimpan vitamin C dengan baik. Dengan rutin mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk dan berry, maka anda dapat menghilangkan nikotin dalam tubuh.

3. Aneka Produk Susu

Susu ternyata dapat mempengaruhi rasa dari rokok, menjadikannya terasa pahit dan tidak enak. Rasa tidak enak tersebut akan membuat perokok perlahan-lahan jera untuk mengkonsumsi rokok.

4. Minuman Non-Karbon

Softdrink atau kopi membuat tubuh semakin haus pada nikotin, sehingga anda perlu untuk memperbanyak konsumsi jus dan air putih agar terlepas dari rasa kecanduan.

Let’s make every day World No Tobacco Day!

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference :

http://www.beritasatu.com/kesehatan/125258-who-set...

http://www.who.int/campaigns/no-tobacco-day/2017/e...

http://www.inicaraku.com/makanan-yang-bisa-menyemb...

Share this Post:

Related Posts: