HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2017


HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2017

Pengertian pendidikan menurut Comenius adalah sebuah proses dimana individu mengembangkan kualitasnya yang mampu mengklaim dirinya sebagai manusia. Plato menambahkan bahwa pendidikan tidak hanya menyediakan ilmu pengetahuan dan kemampuan, tetapi juga nilai, pelatihan insting, membina tingkah laku, dan sikap yang benar. Sedangkan menurut Undang-undang SISDIKNAS no. 20 tahun 2003, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran supaya peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya secara aktif sehingga memiliki pengendalian diri, kecerdasan, keterampilan dalam bermasyarakat, kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian serta akhlak mulia.

Perkembangan pendidikan di Indonesia, bermula ketika Ki Hadjar Dewantara mendirikan Taman Siswa di Yogyakarta pada tanggal 3 Juli 1922. Taman siswa merupakan realisasi gagasan tentang memberikan kesempatan bagi para pribumi jelata untuk memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda. Taman siswa terbagi atas Taman Indria (TK), Taman Muda (SD), Taman Dewasa (SMP), Taman Madya (SMA), dan Taman Guru (Perguruan Tinggi) dan memilki prinsip dasar yang dikenal sebagai Patrap Triloka. Taman Siswa memiliki semboyan yang saat ini sangat dikenal oleh kalangan pendidikan Indonesia, yaitu ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani yang berarti di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat, di belakang memberi dorongan.

Ki Hadjar Dewantara diangkat menjadi Menteri Pengajaran Indonesia (Menteri Pendidikaan) pada kabinet pertama Republik Indonesia. Selain itu, atas jasa-jasanya dalam merintis pendidikan umum Ki Hadjar Dewantara ditetapkan sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia dan hari kelahirannya pada 2 Mei, pun, dijadikan sebagai Hari Pendidikan Nasional melalui Surat Keputusan Presiden RI no. 305 tahun 1959 pada tanggal 28 November 1959.

Perayaan Hari Pendidikan Nasional biasanya ditandai dengan pelaksanaan upacara bendera di sekolah-sekolah dasar dan menengah dari tingkat kecamatan hingga pusat dan disertai dengan penyampaian pidato pendidikan oleh pejabat terkait.

By :Corporate RecruitmentPT. Summarcon Agung, Tbk

Reference:

http://hanna-expoest.blogspot.co.id/2016/01/makalah-masalah-pendidikan-di-indonesia.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah_Taman_Siswa

https://id.wikipedia.org/wiki/Ki_Hadjar_Dewantara

Share this Post:

Related Posts: