HARI NUSANTARA

Hari Nusantara


Hari Nusantara merupakan perwujudan dari deklarasi Djuanda yang dianggap sebagai Deklarasi Kemerdekaan Indonesia kedua. Melalui deklarasi tersebut, Indonesia merajut dan mempersatukan kembalin wilayah dan lautnya yang luas, menyatu menjadi kesatuan yang utuh dan berdaulat. Melalui Keppres No.126/2001 dikukuhkan sebagai Hari Nusantara, artinya setiap tanggal 13 Desember mulai diperingati sebagai salah satu Hari Nasional.

Tahun ini Hari Nusantara akan dilaksanakan di Lembata, Nusa Tenggara Timur. Momentum ini dihelat untuk menegaskan kembali tujuan untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia yang mampu menyejahterakan rakyat. Tema tahun ini “Tata Kelola Potensi Maritim Nusantara yang Baik Menuju Poros Maritim Dunia” dan sub-tema “Dari Lembata Nusa Tenggara Timur Membangun Potensi Maritim Nusantara”.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, propinsi NTT memiliki potensi alam (nature), budaya (culture), dan daya tarik buatan manusia (manmade) yang kuat, di antaranya Pulau Komodo sebagai destinasi kelas dunia dan tradisi berburu paus di Lamalera, Kabupaten Lembata yang menarik wisatawan dunia. "Kabupaten Lembata juga menjadi titik labuh favorit bagi wisatawan yachter dunia dan tren kunjungan yacht ke sini terus meningkat," mengutip informasi yang disampaikan oleh Menpar Arief Yahya.

Diselenggarakannya perayaan Hari Nusantara di Lembata diharapkan mampu memperlihatkan wajah pariwisata Indonesia yang semakin hari semakin meningkat.

By : Recruitment Corporate Summarecon

Referensi :

http://www.kemendagri.go.id/news/2016/08/23/lembat...

https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Nusantara

Share this Post:

Related Posts: