HARI DONOR DARAH SEDUNIA 2017

World Blood Donor Day

(14 Juni 2017)

Sejak tahun 2004 pada setiap tanggal 14 Juni, berbagai negara merayakan peringatan hari donor darah sedunia. Tanggal 14 Juni dipilih karena merupakan hari kelahiran Karl Landsteiner, seorang ilmuan berkebangsaan Austria-Amerika, yang menemukan bahwa darah manusia terbagi menjadi 4 golongan, yaitu A, AB, B, dan O. Karl Landsteiner menyatakan bahwa transfusi darah antara orang-orang yang memiliki golongan darah yang berbeda dapat mengakibatkan kerusakan sel-sel darah, oleh karena itu dengan penemuan golongan darahnya tersebut, orang-orang bisa melakukan transfusi darah secara aman dan tidak sembarangan.

Sudah jutaan nyawa terselamatkan melalui proses transfusi darah setiap tahunnya. Proses transfusi darah membantu para ibu yang berada dalam periode perinatal atau parilahir, yaitu periode yang muncul sekitar waktu kelahiran, dalam mengurangi tingkat kematian atau kecacatan akibat pendarahan hebat saat melahirkan dan setelah melahirkan.

Tidak hanya bermanfaat bagi resipien atau penerima saja, transfusi darah juga bermanfaat untuk kesehatan pendonornya. Penelitian membuktikan bahwa individu yang secara rutin melakukan transfusi darah cenderung beresiko rendah mengalami penyakit jantung, stroke, dan kanker. Transfusi darah bagi pendonor juga bermanfaat karena dapat membantu menurunkan level zat besi dalam darah dan memperbaharui sel darah secara rutin. Selain itu, proses transfusi darah juga membantu membakar kalori secara teratur, menurunkan berat badan dan mencegah penuaan dini.

It’s a wonderful day to thank those who give blood so others can live. If you can give blood but have not, it’s wonderful day to start.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:

https://id.wikipedia.org/wiki/Karl_Landsteiner

https://en.wikipedia.org/wiki/World_Blood_Donor_Da...

http://manfaat.co.id/28-manfaat-donor-darah-bagi-k...

Share this Post:

Related Posts: