Hari Bawa Bekal Nasional

Hari Bawa Bekal Nasional

Hari Bawa Bekal Nasional merupakan sebuah kampanye yang diselenggarakan sejak tahun 2013 oleh salah satu perusahaan multinasional asal Amerika yang memproduksi produk-produk plastik untuk keperluan rumah tangga dan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Pendidikan Nasional RI, serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Meskipun bukan merupakan kampanye yang dicanangkan secara langsung oleh Presiden, Menteri, ataupun Komunitas tertentu, masyarakat sangat mengapresiasi adanya kampanye tersebut. Hal ini dibuktikan dengan tagar #HariBawaBekalNasional yang memuncaki Tren Twitter Indonesia pada tahun 2016 lalu. Masyarakat beramai-ramai mengucapkan “Selamat Hari Bawa Bekal Nasional” dan berbagi foto bekal yang mereka bawa ke sekolah, kampus, ataupun tempat kerja.

Kampanye Hari Bawa Bekal Nasional, mendukung Permendiknas No. 39/2008 tentang Pembinaan Kesiswaan yang meliputi kualitas jasmani, kesehatan, dan gizi yang terbagi atas : a. Melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat; b. Melaksanakan usaha kesehatan sekolah (UKS); c. Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya, minuman keras, rokok, serta HIV&AIDS; d. Meningkatkan kesehatan reproduksi remaja; e. Melaksanakan hidup aktif; f. Melakukan diversifikasi pangan; g. Melaksanakan pengamanan jajan anak sekolah.

Bagi karyawan, membawa bekal dari rumah bukan hanya sebuah usaha untuk menjaga kesehatan tetapi juga menghemat pengeluaran minimal Rp 1.350.000,00 dalam sebulan dengan asumsi biaya sekali makan adalah Rp15.000,00. Selain itu, membawa bekal dari rumah juga menguntungkan ketika anda sedang dilanda banyak pekerjaan dan deadline, Anda tidak harus pusing mencari makan lagi, karena anda bisa langsung menyantap bekal yang dibawa. Porsinya pun bisa diatur sesuai dengan keinginan Anda, tidak terlalu sedikit dan juga tidak terlalu banyak sehingga tidak perlu mengeluarkan dana lagi untuk membeli cemilan atau membuang makanan yang tersisa dan mengetahui bahan-bahan apa saja yang Anda konsumsi dan bagaimana proses memasaknya sehingga lebih terjamin keamanan, kebersihan, dan kandungan gizinya.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon, Tbk

Reference:

https://beritagar.id/artikel/berita/hari-bawa-bekal-nasional-tentang-tren-dan-asal-usulnya

https://life.idntimes.com/inspiration/megan/bawa-bekal-ke-kantor-yuk-ini-10-keuntungannya/full

http://www.kompasiana.com/muhammadisad/hari-bawa-bekal-nasional-3-kesehatan-berasal-dari-pemahaman-dan-keluarga_5535aeb26ea8341620da42ec

Share this Post:

Related Posts: