Cara Menabung Ampuh Untuk Anda yang Memiliki Rencana Berlibur

Cara Menabung Ampuh Untuk Anda yang Memiliki Rencana Berlibur

Untuk Anda yang bekerja sebagai karyawan, jangan berpikir bahwa berlibur atau jalan-jalan hanya sebuah angan-angan karena pengeluaran yang banyak. Ketika gaji turun, Anda harus membayar tagihan, cicilan, membeli kebutuhan dan yang tak terduga sehingga Anda tidak bisa menabung karena sisa uangnya sudah pas untuk kebutuhan satu bulan. Beberapa orang-orang selalu menyisihkan uangnya terlebih dahulu untuk menabung, dan ada orang yang memakai uangnya terlebih dahulu sehingga lupa untuk menabung.

Masih ada cara lain untuk menabung selain menabung sebulan sekali seperti pada umumnya. Dengan perjuangan yang sedikit menyiksa namun hasilnya akan memuaskan. Anda harus menahan dan mengurangi nafsu belanja barang-barang yang tidak penting. Biasanya wanita sering membeli baju baru meskipun di lemari sudah ada banyak pakaian. Jika hasil tabungannya dikumpulkan selama satu tahun, cara menabung satu ini tentu menjadi hasil yang lumayan besar untuk traveling atau berlibur sendirian untuk melepas rasa jenuh, tentu ini akan menjadi hal yang mudah jika Anda membiasakannya.

Sisihkan Rp 12.000/hari untuk menghasilkan jumlah uang yang lumayan. Menyimpan uang 10.000 dan 2.000 sudah menjadi hal yang biasa bukan? Ketika Anda memiliki Rp 12.000, jangan lupa untuk meyisihkannya, jangan dipakai untuk membeli barang atau makanan yang tidak terlalu dibutuhkan bagi Anda. Coba hitung selama sebulan menabung dengan cara ini:
Rp 12.000 x 30 hari = Rp 360.000 | Rp 360.000 x 12 bulan = Rp 4.320.000. Hasilnya lumayan-kan ? Tentu saja dibutuhkan komitmen ketika Anda menabung, karena akan mengubah hasil tabungannya.

Membeli atau membuat celengan untuk uang koin, karena uang koin juga berharga meskipun kecil. Banyak orang yang sengaja memakai uang koin/receh untuk diberikan pada ‘Pak Ogah’. Bukannya pelit, namun jika uang koin seperti Rp 100, Rp 200, Rp 500 dan Rp 1000 dikumpulkan dalam celengan penuh akan menghasilkan hingga ratusan ribu! Lumayan untuk sebagai tambahan budget traveling?

Kurangi kebiasaan Anda duduk-duduk di café. Anda tidak sadar kalau hal ini menguras dompet perlahan. Harga kopi di café itu terlampau mahal sehingga kesempatan Anda untuk menabung hilang. Untuk menyiasatinya, Anda bisa beli kopi sachet saja untuk gantinya tetapi jangan terlalu sering, tidak baik untuk tubuh Anda. Sekali-sekali boleh saja untuk menenangkan pikiran, terkadang ngopi tidak harus selalu di café.

Kurangi nafsu belanja barang yang tidak perlu dibeli ! Hal yang paling sulit dikendalikan oleh para wanita. Setelah menerima gaji setiap bulan, uangnya langsung dibeli untuk baju, sepatu, tas dan lainnya yang kurang penting, sedangkan masih ada barang yang layak dipakai. Apabila ingin belanja, Anda bisa membuat jadwal yang jelas. Misalnya, dua bulan sekali atau empat bulan sekali dan tentukan budget yang akan Anda keluarkan, jangan sampai Anda terkena rayuan membeli barang lain.

Biasakan makan di rumah daripada makan di luar rumah, Anda tidak sadar jika makan diluar akan menghabiskan uang gajian meskipun makan murah seharga Rp 20.000. Lebih baik ditabung bukan ? Bagi Anda karyawan yang kos atau tidak tinggal di rumah, masak sendiri sebagai gantinya. Ketika Anda belanja sayuran, satu kali belanja bisa untuk dua atau tiga kali makan, masak dapat mengurangi pengeluaran.

Beberapa cara menabung yang sederhana, meskipun tetap harus ada pengorbanan seperti misalnya harus mengurangi duduk-duduk di café dan menguragi belanja barang yang tidak diperlukan. Tetapi jika Anda terapkan dan komitmen menabung dengan hasil gaji setiap bulan, minimal Anda sudah bisa traveling ke tempat wisata dalam negeri maupun luar negeri seperti Malaysia, Thailand atau negara Asia Tenggara lainnya.

By: Corporate Recruitment PT. Summarecon, Tbk

Reference:
http://www.hipwee.com/tips/gajimu-memang-masih-2-jutaan-tapi-bukan-berarti-tak-bisa-menabung-8-cara-menabung-efektif-ini-layak-kamu-terapkan/

Share this Post:

Related Posts: