Hari Migran Internasional

hari-migran-internasional_MYNU.png

Hari Migran Internasional


Hari Migran Internasional adalah hari yang diperingati setiap tahun pada tanggal 18 Desember sejak tahun 2001. Hal ini dinyatakan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan mempertimbangkan jumlah besar dan meningkatkan migran di dunia.

Tanggal 18 Desember dipilih karena pada hari itu di tahun 1990, PBB mengadopsi resolusi Konvensi Internasional A/RES/45/158 tentang Perlindungan Hak Semua Pekerja Migran dan Anggota Keluarganya.

Lotte Kejser, Pejabat Sementara ILO di Indonesia, mengatakan bahwa migrasi ketenagakerjaan menawarkan prospek kerja bagi banyak orang yang sulit mendapatkan pekerjaan di dalam negeri dan, pada gilirannya, membantu penuntasan masalah pengangguran di Indonesia. Sehingga, ada 700.000 pekerja migran Indonesia yang pergi ke Timur Tengah, Asia Tenggara dan Timur untuk mencari pekerjaan. Para migran inilah yang kemudian dikenal dengan sebutan TKI (Tenaga Kerja Indonesia), serta menjadi salah satu sumber devisa terbesar bagi Indonesia.

Dengan adanya peringatan Hari Migran Internasional, diharapkan seluruh pekerja dan keluarganya mendapatkan rasa aman dan keadilan ketika mereka berada di luar negeri.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References :
http://www.okecoy.com/2001/12/sejarah-hari-migran-internasional.html
http://www.ilo.org/jakarta/info/public/pr/WCMS_120726/lang--en/index.htm
http://strategimanajemen.net/2017/10/23/ranking-10-besar-penyumbang-devisa-dollar-ke-indonesia/

Share this Post:

Related Posts: