Hari Televisi Dunia

hari-televisi-dunia_vu2V.png

Hari Televisi Sedunia


Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Penemu asal Skotlandia, John Logie Baird berhasil menunjukan cara pemancaran gambar-bayangan bergerak di London pada tahun 1925, diikuti gambar bergerak monokrom pada tahun 1926. Demonstrasi oleh Baird ini telah disetujui secara umum oleh dunia sebagai demonstrasi televisi pertama.

Hari Televisi Sedunia dirayakan setiap tanggal 21 November sesuai dengan Majelis Umum PBB pada bulan Maret 1998. Keputusan ini diambil berdasarkan berdasarkan Resolusi PBB No 51/205 pada 17 Desember 1996. Siaran televisi diawali melalui siaran BBC Inggris pada tahun 1936.

Pada tanggal 21 dan 22 November 1996, PBB mengadakan Forum Televisi sedunia pertama. Pada forum ini, banyak tokoh-tokoh media terkemuka bertemu di bawah naungan PBB. Pada pertemuan ini, para tokoh membahas pentingnya perkembangan televisi dalam mengubah dunia.

Tujuan diadakannya Hari Televisi Sedunia adalah bahwa televisi sebagai simbol untuk berkomunikasi dan sebagai pengakuan meningkatnya dampak yang dimiliki televisi pada pengambilan keputusan dan membawa perhatian dunia untuk konflik dan ancaman terhadap perdamaian dan keamanan dan peran potensial dalam mempertajam fokus pada isu-isu utama lainnya, termasuk isu-isu ekonomi dan sosial.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:

https://www.kompasiana.com/nisasan/hari-televisi-sedunia-menjaga-idealisme-dan-profesionalisme-siaran-televisi_54f3ca90745513a22b6c7e1a

http://www.okecoy.com/1996/11/sejarah-hari-televisi-sedunia.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Televisi


Share this Post:

Related Posts: