Hari Pelajar Internasional

hari-pelajar-internasional_je2O.png

Hari Pelajar Internasional


Setiap tahunnya pada tanggal 17 November, dunia merayakan Hari Pelajar Internasional atau yang lebih dikenal sebagai International Student’s Day. Perayaan ini dipelopori oleh Serikat Mahasiswa Internasional (International Union of Students).

Hari Pelajar Internasional awalnya ada untuk memperingati penyerbuan Nazi Jerman di universitas Ceko pada 17 November 1939. Di Yunani, 17 November juga diabadikan sebagai Hari Mahasiswa Yunani sebagai penanda perlawanan mahasiswa terhadap Junta Militer Yunani yang anti demokrasi. Kedua peristiwa tersebut menunjukkan perjuangan mahasiswa dalam menuntut demokrasi dan kesejahteraan yang turut pula memberikan inspirasi bagi perjuangan mahasiswa di berbagai negara.

Pada tahun 1941, 17 November dinyatakan sebagai Hari Pelajar Internasional oleh International Students Council di London. Peresmian Hari Pelajar Internasional juga menjadi titik awal berdirinya International Union of Students.

Sekarang ini, Hari Pelajar Internasional diperlakukan sebagai tarian internasional terhadap aktivisme pelajar, dengan cara yang berbeda dari makna aslinya. Sejumlah universitas di seluruh dunia mengamatinya sebagai perayaan non-politik multi-kulturalisme siswa internasional mereka.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
https://en.wikipedia.org/wiki/International_Students%27_Day

http://kp-sgmk.blogspot.co.id/2014/11/statement-komitepersiapan.html

https://days.tigweb.org/international-students-day

Share this Post:

Related Posts: