Hari Ayah Nasional - 12 November 2018

hari-ayah-nasional_PksI.png

Hari Ayah Nasional


Hari Ayah Nasional adalah hari untuk menghormati peran para ayah dalam keluarga di Indonesia. Hari Ayah Nasional pertama kali dideklarasikan di Solo pada tahun 2006, di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dan setiap tahun dirayakan pada 12 November.

Hari Ayah Nasional lahir karena figur ayah sebagai bagian dari keluarga juga memegang peran sangat penting dalam pembentukan karakter keluarga. Ayah menjadi sosok yang paling bertanggung jawab dalam keluarga sehingga suda sepantasnya mendapatkan apresiasi, salah satunya dengan memperingati dan merayakannya setiap sekali dalam setahun. Ayah dan ibu adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Para pemrakarsa Hari Ayah Nasional ini bukanlah kaum ayah. Melainkan para wanita. Kaum ibu yang tergabung dalam Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) menggelar deklarasi Hari Ayah pada 12 November 2006 di Pendapi Gede Balaikota Solo, Jawa Tengah.

Usai deklarasi, kaum ibu yang tergabung dalam PPIP mengirimkan piagam deklarasi Hari Ayah dan buku 'Kenangan Buat Ayah' kepada Presiden yang menjabat saat itu, yaitu Susilo Bambang Yudhoyono serta bupati di 4 penjuru Indonesia. Yakni Sabang, Merauke, Sangir Talaud, dan Pulau Rote.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Ayah

http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/15/11/12/nxnwuv282-12-november-diperingati-sebagai-hari-ayah-nasional-begini-sejarahnya

http://news.liputan6.com/read/2132816/sejarah-lahirnya-hari-ayah-nasional

https://reflectionartmedia.studio/hari-ayah-nasional/

Share this Post:

Related Posts: