Cara Merubah Pola Hidup Konsumtif

cara-merubah-pola-hidup-konsumtif_2D6Z.jpg

Cara Merubah Pola Hidup Konsumtif


Perkembangan jaman yang semakin modern membuat beberapa masyarakat Indonesia menjadi manusia yang konsumtif. Hal ini dipicu dengan mudahnya akses untuk membeli sesuatu. Kemudahan akses itu membuat Anda semakin sulit untuk membedakan kebutuhan primer, sekunder, dan tersier Anda, sehingga memicu pengeluaran yang lebih besar.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk merubah pola hidup konsumtif :

Menabung
Menabung merupakan hal yang sederhana namun tidak semua orang bisa melakukannya. Tapi dengan menabung gaya hidup konsuptif akan berkurang. Hal ini dapat didukung dengan apliklasi-aplikasi menabung untuk mengatur keuangan Anda.

Hindari Pemakaian Kartu Kredit
Transaksi dengan kartu kredit yang bersifat virtual tanpa uang tunai dan tinggal gesek seolah ‘menyihir’ penggunanya untuk belanja dan terus belanja. Bagi Anda yang cenderung ‘latah’ sebaiknya menghindari berbelanja dengan kartu kredit dan lebih bijak jika menggunakan uang tunai. Dengan demikian, Anda tetap bisa mengontrol pengeluaran Anda.

Prioritaskan Kebutuhan
Mendahulukan kebutuhan adalah hal terpenting yang harus dilakukan dalam merubah pola hidup konsumtif. Buatlah list barang-barang yang paling Anda butuhkan sampai yang paling tidak dibutuhkan. Hal ini sangat penting agar Anda dapat terus mengingat kebutuhan Anda. Jika kebutuhan telah terpenuhi, maka Anda baru bisa membeli barang keinginan Anda dengan uang yang tersisa.

Belajarlah untuk lebih cermat dalam berbelanja karena dengan demikian pengeluaran Anda tidak akan lebih besar dari penghasilan Anda. Hindari membeli barang yang mengikuti trend atau hanya untuk pamer. Hal tersebut dapat menjerumuskan Anda untuk selalu konsumtif.
Mari lebih bijak dalam membeli sesuatu agar tetap dapat memiliki tabungan masa depan.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
https://www.cermati.com/artikel/8-cara-cepat-mengubah-gaya-hidup-konsumtif
https://ccf.co.id/c/begini_cara_merubah_pola_hidup_konsumtif_menjadi_produktif?

Share this Post:

Related Posts: