World Tsunami Awareness Day

world-tsunami-awareness-day_W81r.png

World Tsunami Awareness Day


Hari Kesadaran Tsunami Sedunia atau lebih dikenal sebagai World Tsunami Awareness Day diperingati setiap tahun pada tanggal 5 November. Pada bulan Desember 2015, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan 5 November sebagai World Tsunami Awareness Day untuk mempromosikan kesadaran budaya global akan tsunami.

Tsunami adalah bencana yang jarang terjadi, tapi bisa sangat mematikan. Dalam 100 tahun terakhir, 58 di antaranya telah menewaskan lebih dari 260.000 orang, atau rata-rata 4.600 per bencana, melebihi bahaya alam lainnya. Jumlah kematian tertinggi dalam periode tersebut terjadi pada tsunami Samudera Hindia pada Desember 2004. Hal ini menyebabkan sekitar 227.000 korban tewas di 14 negara, dengan negara Indonesia, Sri Lanka, India dan Thailand yang paling parah terkena dampaknya.

Hari Kesadaran Tsunami Sedunia adalah gagasan dari Jepang, yang karena pengalaman pahit yang berulang selama bertahun-tahun, Jepang membangun keahlian utama di bidang-bidang seperti peringatan dini tsunami, tindakan publik dan pembangunan kembali setelah sebuah bencana dengan lebih baik untuk mengurangi dampak bencana di masa depan.

Komisi Oseanografi Antar Pemerintah atau lebih dikenal sebagai Intergovernmental Oceanographic Commission (IOC) UNESCO bekerja untuk mengkoordinasikan layanan peringatan dini tsunami nasional dan regional, meningkatkan kesadaran global tentang tindakan, kebijakan dan praktik yang efektif untuk mengurangi risiko bencana melalui keempat Sistem Peringatan dan Mitigasi Tsunami untuk Pasifik, Samudera Hindia , Karibia, dan Atlantik Utara, Laut Tengah dan Lautan Terhubung. IOC juga membantu Negara-negara Anggota melalui program pendidikan dan latihan komunikasi dan evakuasi tsunami reguler, meningkatkan koordinasi, kesiapan dan pemahaman tentang tsunami di antara warga negara dan masyarakat di seluruh dunia.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:

http://www.unisdr.org/2017/tsunamiday/

http://www.un.org/en/events/tsunamiday/

http://www.unesco.org/new/en/tsunami-day


Share this Post:

Related Posts: