Hari Kesehatan Jiwa Dunia

hari-kesehatan-jiwa-dunia_I3Xb.png

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia


World Health Organization (WHO) memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia pada tanggal 10 Oktober setiap tahun dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran seputar kesehatan mental dan memobilisasi usaha untuk mendukung kesehatan mental yang lebih baik.

Kondisi kesehatan mental seperti depresi, kegelisahan, perubahan suasana hati, dan stres telah menjadi isu umum saat ini, mengingat kehidupan yang serba cepat dan penuh tekanan yang kita jalani. Gangguan jiwa ini tidak hanya berdampak pada kemampuan seseorang untuk bekerja secara produktif, tapi juga menghancurkan kehidupan sosial dan pribadi mereka.

Data Direktur Bina Kesehatan Jiwa Kemenkes menyebutkan bahwa masyarakat Jakarta rentan terkena sakit jiwa. Hal tersebut terjadi karena tekanan mental, psikologis dan emosional kota-kota besar seperti Jakarta cukup besar. Mulai dari tekanan ekonomi, daya saing, dan sebagainya.

Masyarakat yang tinggal di kota-kota besar harus memiliki mental yang kuat. Jika tidak, maka mental mereka bisa sakit. Menurut Prof. Askobat Gani (2005) menyatakan bahwa beban penyakit gangguan mental mencapai 13,8% dari seluruh beban penyakit di Indonesia.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
http://www.who.int/mental_health/world-mental-health-day/en/

http://www.netralnews.com/news/kesehatan/read/107086/hari.kesehatan.mental.sedunia..begini.se

http://suarajakarta.co/lifestyle/kesehatan/hari-kesehatan-jiwa-sedunia/

Share this Post:

Related Posts: