Hari Batik Nasional

hari-batik-nasional_shW5.jpg

Hari Batik Nasional


Hari Batik Nasional dirayakan setiap tanggal 2 Oktober. Perayaan ini diadakan untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada tanggal 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Di dunia luar, Batik pertama kali diperkenalkan oleh Presiden Suharto saat mengikuti konferensi PBB. Namun Batik sempat hampir ditinggalkan oleh masyarakat, hingga Batik hampir saja diklaim oleh Malaysia. Tahun 2008, pemerintah mendaftarkan Batik ke dalam jajaran daftar Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-bendawi UNESCO, yang diterima secara resmi pada tanggal 9 Januari 2009.

Pemilihan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober berdasarkan keputusan UNESCO yaitu Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, yang secara resmi mengakui Batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. Pengakuan terhadap Batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia. Setelah penetapan itu, maka Indonesia memperingatinya sebagai Hari Batik Nasional, yang dikuatkan dengan Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009.

Batik Nusantara dipercaya sudah ada semenjak zaman Majapahit, dan berkembang di berbagai tempat di Indonesia dalam pola beragam hingga sekarang, dan berhasil diakui dunia internasional sebagai warisan budaya asli Indonesia, di bawah pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sejak penetapan Batik sebagai warisan dunia, setiap perayaan Hari Batik Nasional, seluruh lapisan masyarakat Indonesia mulai dari pejabat pemerintah hingga pelajar disarankan untuk mengenakan pakaian Batik.


By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Batik_Nasional

http://jogja.tribunnews.com/2017/10/01/2-oktober-hari-batik-nasional-ini-awal-mula-sejarahnya-sejak-era-soeharto-hingga-sby

http://batam.tribunnews.com/2017/10/02/hari-batik-nasional-ini-alasan-kenapa-tanggal-2-oktober-diperingati-sebagai-hari-batik-nasional?page=4

Share this Post:

Related Posts: