Menangani Gosip di Lingkungan Kerja yang Mengganggu Anda

Menangani Gosip di Lingkungan Kerja yang Mengganggu Anda

Manusia adalah makhluk sosial, setiap hari kita butuh berinteraksi dengan teman - teman maupun lingkungan sekitar kita. Dari komunikasi yang dilakukan, sering menemukan banyak topic pembicaraan hingga gosip yang kebenarannya tidak jelas atau tidak sesuai fakta. Setiap pembicaraan atau gosip bisa tercipta dimana saja, dari teman-teman, sekolah, kampus, dan bahkan tempat bekerja. Seringkali gosip itu mengenai orang yang kita kenal atau, bahkan kita sendiri yang menjadi bahan gosip. Jika seperti ini, siapa yang tidak terganggu ?

Bila Anda tipe orang yang kurang suka bergosip dan lebih memilih untuk tidak terlibat dengan gosip apa pun yang ada di lingkungan kerja, ini adalah cara efektif untuk Anda agar tidak merasa terganggu. Kita bukan membahas gosip artis, teman sekolah, teman kampus atau lainnya, melainkan adalah gosip di lingkungan pekerjaan. Simak bagaimana cara menangani gosip di tempat bekerja atau kantor.


  • 1. Jangan terpancing! Fokus pada pekerjaan Anda

Penasaran dengan suatu informasi sudah menjadi sifat alami manusia. Jika Anda mendengar gosip atau seseorang yang dibicarakan, coba saja untuk cuek. Boleh saja tahu gosip, tetapi hanya sekadar mendengar saja, jangan terpancing ikut bergosip. Jangan sampai kita tertuduh ikutan bergosip tetang atasan atau rekan, karena jika tertuduh, reputasi Anda akan menjadi kurang baik.

  • 2. Jangan terlibat dengan gosip orang lain, jika terlanjur alihkan dengan topik lain

Tanpa sengaja Anda mendengar gosip dari teman-teman saat jam istirahat, tiba-tiba teman Anda bertanya bagaimana pendapat tentang gosipnya. Jangan langsung menjawab dan percaya dengan gosipnya! Usahakan mengalihkan ke topik lain atau baiknya Anda katakan saja jika tidak tertarik untuk menyimak. Andai saja jika gosipnya tersebar dan Anda ketahuan menjadi salah satu penyebabnya, karir Anda bisa saja tersendat karena suka menggosip. Jadi lebih baik jangan terlibat.

  • 3. Mengontrol diri, jaga sikap dan ucapan

Kadang kala karyawan tidak bisa mengontrol gosip yang sudah tersebar atau terdengar oleh orang lain. Karena tidak bisa, coba kontrol diri kita sendiri dengan cara menjaga sikap dan ucapan, dengan menjaga ucapan, tentunya Anda tidak akan mengundang fitnah dan gosip lain.

  • 4. Jangan menceritakan masalah pribadi pada teman kantor

Meskipun Anda memiliki teman baik di kantor, sebaiknya untuk tidak menceritakan masalah pribadi dengan rekan kerja. Lingkungan kerja dapat menjadi ajang kompetisi untuk setiap karyawan, jika ada rekan yang tidak menyukai kinerja Anda di kantor, mereka bisa mengumbar rahasia pribadi (yang Anda ceritakan) kepada teman-teman lain di kantor yang akan membuat reputasi Anda menurun.

  • 5. Menciptakan hubungan kerja yang baik

Melalui hubungan kerja yang baik dengan rekan kerja merupakan hal yang wajib agar ketika ada masalah pekerjaan Anda akan dibantu oleh mereka. Sebaliknya, jangan sampai Anda memicu konflik dengan teman kantor. Menciptakan hubungan baik merupakan pencegahan agar tidak dijadikan bahan gosip oleh rekan kerja Anda.


By: Corporate RecruitmentPT. Summarecon, Tbk

Reference:
https://kask.us/h8D4d (Hadapi Gosip di Kantor dengan Tepat)

Share this Post:

Related Posts: