Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Mengambil Pensiun Dini

hal-yang-harus-dipertimbangkan-sebelum-mengambil-pensiun-dini_Bhwj.jpg

Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Mengambil Pensiun Dini


Pensiun dini berlaku bagi orang-orang yang berhenti bekerja sebagai karyawan sebelum usia 55 tahun. Pensiun dini sebenarnya memang memberikan kesempatan untuk seseorang untuk bisa memulai usaha baru atau berwirausaha. Dana pensiun dini yang menggiurkan memang membuat seseorang akhirnya memutuskan pensiun dini. Akan tetapi, mengambil keputusan untuk pensiun dini bukanlah suatu hal yang mudah untuk dijalankan setelahnya.

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengambil pensiun dini, yaitu sebagai berikut:

1. Pastikan kondisi keuangan
Anda harus tahu apakah kondisi keuangan Anda sudah sehat, misalnya tidak mempunyai hutang atau cicilan yang belum terlunasi.

2. Kegiatan setelah pensiun
Beragam pilihan kegiatan menanti setelah pensiun. Anda bisa menikmati hidup dengan hanya mengelola keuangan, atau berbisnis agar tetap mendapatkan penghasilan.

3. Biaya hidup
Saat Anda bekerja, Anda mendapat gaji setiap bulan untuk membiayai hidup. Namun, ketika Anda mengambil keputusan untuk pensiun dini, gaji tiap bulan yang biasanya diterima otomatis terhenti. Jadi, Anda memperhitungkan biaya hidup agar Anda lebih siap.

4. Penggunaan dana pensiun
Anda perlu berhati-hati dalam menggunakan dana pensiun. Jika salah mengelola, yang ada malah bencana keuangan akan melanda.

5. Mulai menabung
Ada baiknya jika Anda mulai menyisihkan uang gaji per bulan ke dalam tabungan, bahkan jauh sebelum Anda mengambil keputusan untuk pensiun dini.

Pensiun dini memang menggoda, selain karena nominalnya yang relatif besar juga kesempatan untuk berwirausaha bagi karyawan yang memiliki mimpi untuk menjadi bos atas dirinya sendiri. Tetapi, kita harus memiliki perencanaan dan pengelolaan yang tepat.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
http://www.tribunnews.com/bisnis/2017/09/01/pensiun-dini-bukan-hanya-soal-keberanian-ambil-keputusan-tapi-juga-4-hal-penting-ini?page=all

https://www.facebook.com/notes/tunaiku/jangan-cepat-tergoda-sebelum-mengajukan-pensiun-dini-ini-7-pertimbangan-utamanya/570901313117799/

Share this Post:

Related Posts: