Hari Radio Republik Indonesia

hari-radio-republik-indonesia_p9M5.jpg

Hari Radio Republik Indonesia


Hari ulang tahun Radio Republik Indonesia (RRI) jatuh pada tanggal 11 September. Hari ulang tahun Radio Republik Indonesia ini dijadikan perayaan Hari Radio Nasional setiap tahunnya. Radio Republik Indonesia memiliki slogan, yaitu "Sekali di Udara, Tetap di Udara".

Radio Republik Indonesia didirikan sebulan setelah siaran radio Hoso Kyoku dihentikan tanggal 19 Agustus 1945. Saat itu, masyarakat menjadi buta akan informasi dan tidak tahu apa yang harus dilakukan setelah Indonesia merdeka. Menanggapi hal tersebut, orang-orang yang pernah aktif di radio pada masa penjajahan Jepang menyadari radio merupakan alat yang diperlukan oleh pemerintah Republik Indonesia untuk berkomunikasi dan memberi tuntunan kepada rakyat mengenai apa yang harus dilakukan.

Radio Republik Indonesia didirikan para tokoh yang sebelumnya aktif mengoperasikan beberapa stasiun radio Jepang di 6 kota. Rapat utusan 6 radio di rumah Adang Kadarusman, Jalan Menteng Dalam Jakarta, menghasilkan keputusan mendirikan Radio Republik Indonesia dengan memilih Dr. Abdulrahman Saleh sebagai pemimpin umum Radio Republik Indonesia yang pertama.

Pada akhir pertemuan, Abdulrahman Saleh membuat simpulan antara lain, dibentuknya Persatuan Radio Republik Indonesia yang akan meneruskan penyiaran dari 8 stasiun di Jawa, mempersembahkan Radio Republik Indonesia kepada Presiden dan Pemerintah RI sebagai alat komunikasi dengan rakyat.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
https://id.wikipedia.org/wiki/Radio_Republik_Indonesia

http://www.kpi.go.id/index.php/id/umum/38-dalam-negeri/34107-sejarah-lahirnya-hari-radio-nasional-dan-rri

http://www.okecoy.com/2016/09/sejarah-hari-radio-nasional-national-day-radio.html

Share this Post:

Related Posts: