Mencegah Kanker Sedari Dini


Mencegah Kanker Sedari Dini

Tepat hari ini, 4 Februari 2017 diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia yang diresmikan oleh WHO (World Health Organization). Hari ini diperingati untuk mengajak seluruh masyarakat dunia agar lebih sadar akan penyakitnya dan melawan kanker. Tujuannya adalah untuk mengurangi atau menurunkan jumlah penderita dan menyelamatkan jiwa dari kematian yang dapat dicegah.

Saat ini, ada 8,2 juta manusia meninggal akibat kanker setiap tahunnya. Empat jutanya meninggal prematur (berusia 30 sampai 69 tahun), karena itu dianjurkan untuk hidup dengan pola sehat agar tidak muncul gejala kanker.

Karena kanker sudah menjadi salah satu penyakit dengan tingkat kematian tertinggi, kanker telah menjadi masalah global yang harus dihadapi. Kanker membunuh lebih banyak daripada AIDS, Malaria dan TBC, penderita kanker mayoritas berada di negara berkembang.

Untuk mencegah kanker, ada beberapa hal yang harus dihindari dan dilakukan, antara lain ; menghindari merokok dan minuman alkohol. Pada kemasan rokok sudah diperingatkan jika rokok dapat menyebabkan kanker, jika Anda seorang yang suka merokok, kurangilah dari sekarang.

Hal yang dapat kita lakukan untuk mencegahnya, CERDIK dengan kepanjangan:

- C: Cek kesehatan secara rutin

- E: Enyahkan asap rokok

- R: Rajin beraktivitas fisik

- D: Diet seimbang

- I : Istirahat cukup

- K: Kelola stress

Tema Hari Kanker Sedunia untuk tahun 2017 adalah “We Can. I Can” yang merupakan gerakan mengajak masyarakat untuk ikut terlibat mencegah kanker sejak dini, memeriksakan diri sejak dini, vaksinasi dan pola hidup sehat. Pola hidup sehat tidak hanya Anda yang melakukan melainkan juga saudara dan keluarga Anda, lebih baik dimulai dan dibiasakan sejak kecil. Mari kita lawan kanker bersama agar tidak merenggut banyak jiwa lagi.

Selamat Hari Kanker Sedunia!


By: Corporate Recruitment PT. Summarecon, Tbk

References:
http://mediamedis.com/hari-kanker-dunia/

http://harikankersedunia.com/

Share this Post:

Related Posts: