Menghadapi Rekan Kerja yang Menyebalkan

Menghadapi Rekan Kerja yang Menyebalkan

Dunia kerja memiliki suasana yang berbeda dengan sekolah. Sifat setiap orang berbeda tidak seperti yang Anda bayangkan. Terkadang Anda menemui rekan kerja yang membuat tidak nyaman, tetapi masih ada rekan kerja yang membuat nyaman dalam bekerja. Suasana kerja ini menjadi hal yang baru dan asing bagi karyawan fresh graduate. Jika Anda seorang pekerja baru, ada beberapa cara untuk menghadapinya agar tidak culture shock saat hari pertama bekerja.

Bila rekan kerja Anda adalah seorang yang bersikap dingin dan cuek, Anda bisa mengubah perilaku menjadi lebih menyenangkan dengan mengubah sikap Anda sehingga rekan kerja menjadi lebih santai dalam berinteraksi dengan Anda. Sebelum itu, cari tahu terlebih dahulu apa yang membuat dia bersikap dingin dan topik pembicaraan seperti apa yang disukai.

Jangan panik karena sikap rekan kerja yang tidak membuat Anda nyaman, rekan kerja adalah bagian dari hidup dan pekerjaan Anda, karena harus selalu berhubung dengannya. Bersikap positif menganggap dia layaknya seorang teman dan memang sudah menjadi sifat dasarnya seperti itu.

Profesional dalam menghadapi hal ini, tetap bersikap sopan dan rendah hati. Bukan berarti Anda harus bersahabat dengan semua teman di kantor, jika ada rekan kerja yang membat Anda kurang nyaman, jangan terlibat terlalu jauh dengannya dan menjaga jarak.

Memberi peringatan atau mengingatkan kembali jika rekan kerja Anda berlebihan, contohnya ; berbicara keras saat menelepon, banyak berbicara gosip, bersikap santai di kantor dan followers atau selalu mengikuti orang lain karena tidak memiliki prinsip atau karakter diri, dengan saling mengingatkan, rekan Anda akan menyadari bila yang dilakukannyaberlebihan.

Jika beberapa cara di atas masih belum efektif, sebaiknya Anda menghindari rekan kerja tersebut karena rekan Anda belum bisa berubah dan menerima masukan dari Anda. Perbedaan selalu ada dan bukan menjadi masalah, karena Anda tidak bisa merubahnya, lebih baik merubah sikap diri sendiri. Anda juga tidak harus menyukai rekan-rekan yang saat ini tidak Anda sukai, yang perlu Anda lakukan adalah menerima keberadaannya.

By: Corporate Recruitment PT. Summarecon, Tbk

References:
http://www.hipwee.com/list/inilah-tipe-tipe-rekan-kerja/

http://lifestyle.liputan6.com/read/2058793/5-tips-menghadapi-rekan-kerja

Share this Post:

Related Posts: