Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

hari-kemerdekaan-republik-indonesia.png


Hari Kemerdekaan Republik Indonesia


Proklamasi Kemerdekaan Indonesia terjadi pada tahun 1945, tepatnya pada hari Jumat, tanggal 17 Agustus 1945. Kemerdekaan Indonesia memiliki arti dan makna yang dalam terhadap kelangsungan pembangunan Indonesia.


Setiap tahun pada tanggal 17 Agustus, rakyat Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan meriah. Mulai dari lomba panjat pinang, lomba makan kerupuk, sampai upacara militer di Istana Merdeka, seluruh bagian dari masyarakat ikut berpartisipasi dengan cara masing-masing.


Peringatan detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka setiap tahunnya dipimpin oleh Presiden RI selaku Inspektur Upacara. Upacara dimulai sekitar pukul 10.00 WIB untuk memperingati awal upacara Proklamasi tahun 1945. Seremoni peringatan biasanya disiarkan secara langsung oleh seluruh stasiun televisi nasional Indonesia. Acara-acara pada pagi hari termasuk: penembakan meriam dan sirene, pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih (Bendera Indonesia), pembacaan naskah Proklamasi, dan lain-lain. Pada sore hari terdapat acara penurunan bendera Sang Saka Merah Putih.


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan pasal 7 ayat 3 mengatur tentang kewajiban mengibarkan bendera Merah Putih bagi setiap warga negara yang memiliki hak penggunaan rumah, gedung kantor, satuan pendidikan, transportasi publik dan transportasi pribadi di wilayah NKRI, serta kantor perwakilan diplomatik Indonesia di luar negeri pada tanggal 17 Agustus.


By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk


References:
http://www.rifcomobile.com/history/sejarah-lengkap...


https://id.wikipedia.org/wiki/Proklamasi_Kemerdeka...

Share this Post:

Related Posts: