Jadi Bahan Gosip di Kantor, Apa yang Harus Dilakukan?

jadi-bahan-gosip-di-kantor-apa-yang-harus-dilakukan-.jpg


Jadi Bahan Gosip di Kantor, Apa yang Harus Dilakukan?

Salah satu tindakan penindasan yang sering terjadi di kantor adalah gosip. Sebenarnya, gosip di kantor merupakan hal yang lumrah. Padahal, isu-isu negatif tentu dapat merusak reputasi seseorang, kepribadian, bahkan berbagai kesempatan profesional. Jika frekuensi gosip tentang Anda sudah berlebihan, ada baiknya segera melakukan sesuatu.


Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi gosip tentang Anda:

1. Introspeksi diri
Mungkin saja gosip itu timbul karena Anda terlalu menarik perhatian. Entah dari cara Anda berpakaian, tingkah laku, maupun hal lainnya sehingga orang lain tertarik untuk menjadikan diri Anda sebagai bahan omongan.


2. Beri waktu
Sadari bahwa memang harus ada waktu yang dibutuhkan untuk membuat semuanya kembali baik-baik saja dan rumor tersebut akan menghilang dengan sendirinya, asal Anda memang tak seperti apa yang dikatakan dalam rumor itu.


3. Pertimbangkan respon
Jika Anda tahu siapa penyebar rumor buruk tentang Anda, Anda harus tetap bisa berpikiran dingin dan jangan terbawa emosi. Anda bisa beri pendekatan pada orang tersebut, jangan mudah terpancing emosi, sehingga orang lain pun bersimpati pada Anda. Jika cara tersebut tak berhasil, segera tinggalkan dan batasi diri untuk melakukan kontak dengan orang tersebut.


4. Klarifikasi atau lapor ke pihak HR
Minta pada pihak HR untuk jadi pihak penengah yang membantu Anda mengklarifikasikan isu-isu tak sedap jika memang tidak sesuai fakta, terutama jika gosip ini membuat Anda tidak nyaman bekerja.


Gosip negatif dengan Anda sebagai korbannya akan membuat Anda merasa tak nyaman saat bekerja, terutama jika kolega dan rekan kerja Anda jadi memandang Anda dengan pandangan negatif. Lebih baik Anda luruskan kesalahpahaman yang terjadi agar gosip negatif ini dapat diselesaikan dengan cepat.


By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk


References:
http://www.qerja.com/journal/view/657-empat-solusi...


http://www.gspradio.com/2017/10/jadi-korban-gosip-...


https://www.femina.co.id/article/menangkal-gosip-di-kantor-

Share this Post:

Related Posts: