Hari Kebangkitan Teknologi Nasional

hari-kebangkitan-teknologi-nasional.jpg


Hari Kebangkitan Teknologi Nasional

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) merupakan salah satu hari bersejarah nasional. Hakteknas diperingati setiap tanggal 10 Agustus berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 1995. Peringatan Hakteknas yang merupakan tonggak sejarah kebangkitan teknologi ini berawal dari penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung.

Pesawat terbang N-250 Gatotkaca yang merupakan hasil karya anak bangsa ini membuktikan betapa pentingnya menanamkan perhatian, minat, dan kesadaran bangsa Indonesia terhadap pengembangan IPTEK dalam pembangunan nasional yang berkesinambungan. Peringatan Hakteknas juga merupakan ajang penghargaan kepada para peneliti dan perekayasa yang sangat berprestasi dan produktif di bidang IPTEK.

Peringatan Hakteknas diselenggarakan untuk menghargai seluruh komponen bangsa dalam menguasai, memanfaatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi, membangkitkan daya kreasi dan inovasi anak bangsa serta menunjukkan keberhasilan dan prestasi anak bangsa yang membanggakan, di bidang IPTEK dan inovasi berbasis maritim yang dihasilkan oleh lembaga litbang, perguruan tinggi, dunia usaha/industri dan komunitas atau penggiat IPTEK dan inovasi.

Peringatan Hakteknas juga merupakan sarana koordinasi semua jajaran pemangku kebijakan dan kepentingan secara nasional, dalam rangka meningkatkan semangat kreativitas dan inovasi teknologi untuk kemajuan bangsa. Selain itu, melalui peringatan Hakteknas ini akan ditampilkan berbagai hasil inovasi komunitas IPTEK dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat.


By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk


References:
http://itjen.ristekdikti.go.id/index.php/2017/08/1...

http://www.bpn.go.id/BERITA/Siaran-Pers/hari-keban...

Share this Post:

Related Posts: