Hari Keadilan Internasional

hari-keadilan-internasional_k0yj.jpg


Hari Keadilan Internasional


Tanggal 17 Juli merupakan Hari Keadilan Internasional atau lebih dikenal sebagai World Day for International Justice yang dirayakan setiap tahunnya sejak tahun 2010. Pada kesempatan ini banyak masyarakat dari berbagai belahan dunia yang mengampanyekan keadilan pidana internasional.

Pada 17 Juli 1998, berlangsung penandatanganan Statuta Roma di sebuah konferensi diplomatik internasional di Roma, Italia. Dari sinilah terbentuk Mahkamah Pidana Internasional (International Criminal Court). Statuta ini berfokus pada peradilan kejahatan kemanusiaan, genosida, kejahatan perang, dan kejahatan agresi. Peradilan tersebut akan diadili di Mahkamah Pidana Internasional.

Pada 1 Juni 2010 di Kampala, Uganda, diputuskan bahwa tanggal 17 Juli sebagai Hari Keadilan Internasional. Tanggal 17 Juli dipilih sebab pada hari itulah Statuta Roma tentang Mahkamah Pidana Internasional diadopsi, sehingga untuk terus mengingat masyarakat internasional merayakannya.

Selanjutnya, Mahkamah Pidana Internasional mendirikan markas besarnya di Hague, Belanda pada tanggal 1 Juli 2001 dan menyumpah para pejabatnya, yang meliputi 18 orang Hakim, Jaksa, dan Panitera.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
http://www.tribunnews.com/nasional/2012/07/17/hari-keadilan-internasional-diperingati-tiap-17-juli

http://rilis.id/selamat-hari-keadilan-internasional.html

Share this Post:

Related Posts: