World Youth Skills Day

world-youth-skills-day_QoHm.jpg


World Youth Skills Day


Hari Keterampilan Pemuda Dunia atau sering disebut World Youth Skills Day dirayakan setiap tahun pada 15 Juli. World Youth Skills Day adalah salah satu hari penting dalam kalender PBB dan didirikan oleh Majelis Umum PBB pada 11 November 2014.

World Youth Skills Day bertujuan untuk membuat dan meningkatkan keterampilan pemuda agar pengangguran di negara-negara berkembang bisa diminimalisir. PBB menyerukan World Youth Skills Day merupakan cara yang tepat untuk pemerintah bisa mendidik dan membantu orang-orang muda mengatasi rintangan tentang pekerjaan mereka.

Orang muda hampir tiga kali lebih mungkin menganggur dibanding orang dewasa dan terus-menerus terpapar pada kualitas pekerjaan yang lebih rendah, ketidaksetaraan pasar tenaga kerja yang lebih besar, dan transisi kerja yang lebih lama dan tidak aman. Pendidikan dan pelatihan merupakan faktor penentu keberhasilan di pasar tenaga kerja. Namun sayangnya, sistem yang ada gagal memenuhi kebutuhan belajar banyak anak muda,

Di Indonesia, yang sedang marak diperbincangkan adalah tentang Bonus Demografi, yakni kondisi di mana rasio ketergantungan penduduk Indonesia terus berkurang dan menuju pada titik terendah yang menurut perhitungan akan terjadi pada tahun 2020 hingga 2030. Tantangan utama yang harus menjadi perhatian jangka panjang dalam mengantisipasi peluang Bonus Demografi salah satunya adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) usia produktif sehingga memiliki keterampilan kerja yang sesuai dengan permintaan pasar tenaga kerja.

Setiap orang harus memiliki kesempatan untuk menemukan dan mengembangkan bakat dan keterampilan diri masing-masing Melalui keterampilan individu, masyarakat dan negara bisa menciptakan masa depan yang lebih sejahtera.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
http://www.un.org/en/events/youthskillsday/

http://www.kuakap.com/2016/07/sejarah-hari-keterampilan-pemuda-dunia.html

http://tanyaapa.co/2017/07/15/hari-keterampilan-pemuda-sedunia/

Share this Post:

Related Posts: