Hari Populasi Sedunia

hari-populasi-sedunia_F9iy.jpg


Hari Populasi Sedunia


Hari Populasi Sedunia merupakan agenda tahunan yang dirayakan pada tanggal 11 Juli setiap tahunnya. Hari Populasi Sedunia merupakan acara untuk meningkatkan kesadaran mengenai kondisi jumlah penduduk dunia. Acara ini diadakan oleh Dewan Pengatur Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1989.

Peringatan Hari Populasi Sedunia diinspirasi oleh tanggal 11 Juli 1987 yang diperkirakan tepat pada tanggal tersebut jumlah populasi penduduk dunia mencapai lima miliar orang. Mayoritas negara dunia menerima adanya Hari Populasi Sedunia dan mulai menetapkan program pembatasan anak serta penyelarasan antara manusia dan lingkungan hidup, sumber daya alam, faktor-faktor laju ekonomi dan sosial, budaya serta lingkungan.

Namun, adanya Hari Populasi Sedunia nyatanya tak mengurangi jumlah penduduk dunia. Bahkan saat ini, populasi dunia diperkirakan sudah mendekati angka 7 miliar. Jumlah penduduk di Indonesia sendiri pada 2015 mencapai 255.461.700 jiwa yang menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah populasi terbesar keempat di dunia setelah Tiongkok, India dan Amerika Serikat.

Menurut laporan dengan tema “Prospek Populasi Dunia” edisi tahun 2017, populasi dunia dari 7,4 miliar orang di tahun 2016 bertambah menjadi 7,6 miliar di tahun 2017. Jika proses ini terus berlanjut maka populasi dunia hingga 35 tahun kedepan dari 7,4 miliar saat ini akan mencapai 9,7 miliar orang. PBB mempublikasikan prediksi baru laju populasi dunia hingga tahun 2050 dan menyatakan bahwa bumi tengah menghadapi krisis serius.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Populasi_Sedunia

http://jatim.bkkbn.go.id/pesan-peringatan-hari-populasi-sedunia-2015/

https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_negara_menurut_jumlah_penduduk

http://rilis.id/mengenang-sejarah-hari-populasi-sedunia.html

Share this Post:

Related Posts: