Menghadapi Perubahan Tantangan Kerja

STRATEGI Menghadapi Perubahan Tantangan Kerja

Berkembangnya zaman memberikan dampak yang variatif, hal ini membuat kehidupan kita berkembang untuk beradaptasi dengan zamannya. Terlebih lagi, dalam hal teknologi dan komunikasi, contohnya teknologi yang kini terus berkembang dan cara berkomunikasi yang lebih mudah menggunakan internet. Panta Rei, itulah ungkapan terkenal dari Heraclitos, seorang filsuf Yunani yang artinya segala sesuatu yang ada di dunia ini terus menerus akan berubah.

Begitu juga di dunia kerja, perusahaan start-up yang bertumbuh dan perusahaan asing terus berekspansi. Dalam situasi ini, perusahaan besarpun bisa tergulung, jika tidak mempunyai strategi untuk mengikuti perubahan. Hal ini juga mempengaruhi karyawan maupun pelamar baru, karena kompetisi SDM semakin ketat dan kompetitif untuk bekerja di perusahaan-perusahaan besar. Penting untuk melakukan antisipasi agar tidak tersingkirkan dan dapat beradaptasi dengan perkembangan.

Banyak berlatih pada bidang yang Anda tekuni, seperti membaca atau belajar dari buku, mengikuti workshop atau seminar. Dengan ilmu yang sudah dipelajari akan berguna ketika melamar di perusahaan impian Anda, dengan pengertian Anda siap menerima tantangan dalam lingkungan kerja. Up-to-date dengan informasi terkini, sehingga Anda tidak ketinggalan berita terkini yang sedang dibicarakan oleh teman-teman di kantor.

Jika Anda dalam suatu teamwork, terbukalah pada suatu masukan, kritik dan saran. Jika Anda terbuka, alhasil ada motivasi untuk berubah. Jangan menganggap rendah atau remeh sebuah profesi, melihat perbedaan sebagai hal yang memperkaya pengetahuan bukan sebagai hal yang perlu dihindari dan dianggap remeh. Aktif dan sering berkomunikasi dengan teman kantor, mulai dari hal kecil hingga tentang pekerjaan, hal ini membantu Anda sebagai orang yang mudah bergaul.

Anda juga harus bisa ‘mempromosikan’ diri atau meningkatkan daya jualkemampuan agar perusahaan yang mencari Anda, bukan Anda yang mengejar perusahaan. Berani dan mencoba out of the box, dalam pengertian Anda berbeda dengan orang lain karena keunikan diri. Cobalah untuk kreatif, karena setiap manusia memiliki caranya masing-masing untuk bekerja.

By : Recruitment Corporate Summarecon

Reference:

http://lifestyle.liputan6.com/read/2665595/10-jurus-hadapi-tantangan-di-dunia-kerja

Share this Post:

Related Posts: