Mudik Aman dan Nyaman Menggunakan Mobil

mudik-aman-dan-nyaman-menggunakan-mobil.jpg

Mudik Aman dan Nyaman Menggunakan Mobil

Tak terasa bahwa seminggu lagi lebaran tiba. Lebaran tentunya identik dengan ‘mudik’ atau ‘pulang kampung’. Banyak jalur yang bisa ditempuh, akan tetapi tiket kendaraan umum yang kerap penuh dan mahal membuat banyak orang lebih memilih menggunakan mobil untuk mudik.

Jika Anda dan keluarga memilih untuk mudik menggunakan mobil, Anda dapat menyimak tips-tips berikut ini agar perjalanan Anda nyaman, yaitu sebagai berikut:


1. Periksa Kondisi Mobil

Kondisi mobil yang Anda akan gunakan harus dalam kondisi prima. Periksa dahulu mesin mobil, ban dan oli mobil, serta kondisi mobil secara keseluruhan. Disarankan juga untuk membawa ban mobil cadangan jika terjadi bocor atau kempes di tengah perjalanan.


2. Siapkan peralatan dan kebutuhan berkendara

Sebelum melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil, Anda harus memastikan bahwa peralatan dan kebutuhan berkendara semuanya sudah dipersiapkan, seperti kotak perkakas, kotak P3K, peta atau aplikasi GPS, dan kursi bayi bagi yang membawa bayi.


3. Bawalah Uang yang Cukup

E-Toll kerap digunakan di seluruh tol, sehingga Anda harus memastikan bahwa saldo E-Toll Anda cukup untuk membayar uang tol. Tak hanya E-Toll, uang tunai juga harus dipersiapkan untuk keadaan yang tidak terduga.


4. Sediakan Makanan dan Minuman

Sangat disarankan untuk mempersiapkan makanan dan minuman ringan yang cukup selama perjalanan. Hal ini untuk mengatasi masalah jika lapar dan haus melanda dalam menghadapi kemacetan selama perjalanan.


5. Istirahat Sejenak

Jangan memaksakan diri jika Anda mulai lelah. Lebih baik menepi atau mencari rest area terdekat untuk beristirahat sejenak. Perjalanan dalam kondisi lelah dan mengantuk dapat menyebabkan hal-hal tidak diinginkan seperti kecelakaan.


6. Tidak Melebihi Kapasitas

Bawalah tas, koper, serta keperluan lain-lain yang secukupnya. Tidak hanya bagasi, jumlah penumpang juga tidak perlu dipaksakan. Mobil yang melebihi kapasitas memiliki kecepatan lebih rendah dan membuat penumpangnya tidak nyaman. Hindari juga mengikat barang bawaan diatas mobil dengan tali karena beresiko barang-barang jatuh.

Semoga beberapa tips di atas bermanfaat untuk perjalanan mudik Anda dan keluarga.

Reference :

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/2997811/9-...

https://kumparan.com/agus-hartoyo1511666302332/8-t...


Share this Post:

Related Posts: