Hari Anti Narkotika Internasional

hari-anti-narkotika-internasional.jpg

Hari Anti Narkotika Internasional

Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) diperingati pada tanggal 26 Juni setiap tahun. Hari Anti Narkotika Internasional merupakan bentuk keprihatinan dunia terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika yang berdampak buruk terhadap kesehatan, perkembangan sosial ekonomi, serta kemanan dan kedamaian dunia.

Penyalahgunaan narkotika menyebabkan sekitar 190.000 orang di dunia meninggal sia-sia setiap tahunnya. Narkotika juga secara nyata dapat memicu kejahatan lainnya, seperti pencurian, pemerkosaan, dan pembunuhan. Sementara itu, perdagangan dan peredaran gelap narkotika disinyalir menjadi salah satu sumber pendapatan untuk mendukung operasi tindakan terorisme. Lebih daripada itu, penyalahgunaan narkotika telah menjamah hampir seluruh lapisan masyarakat, baik dari segi umur, pendidikan, strata sosial ekonomi, profesi maupun level jabatan.

Berdasarkan survei yang bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI), selama 2016 pengguna narkotika di kalangan pelajar dan mahasiswa di Indonesia tercatat sebanyak 1,9 % atau dapat dibahasakan 2 dari 11 pelajar di Indonesia menggunakan narkoba.

Presiden Joko Widodo telah menyatakan bahwa Indonesia berada pada kondisi Darurat Narkoba. Pernyataan ini tak hanya sekedar selogan semata. Nyatanya, bahwa Indonesia saat ini bukan sekedar tempat transit, tetapi sudah menjadi pasar narkotika terbesar di Asia. Narkotika merupakan kejahatan luar biasa yang mengancam dunia. Untuk itu, permasalahan narkotika harus ditangani secara komprehensif.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:

http://www.depkes.go.id/article/view/17071400002/h...

http://news.liputan6.com/read/3021251/hari-anti-na...

Share this Post:

Related Posts: