Sejuta Pohon yang Menghidupkan

Sejuta Pohon yang Menghidupkan

Setiap tanggal 10 Januari diperingati sebagai Hari Gerakan Satu Juta Pohon Internasional. Hari ini bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Indonesia dan berlangsung karena kesadaran masyarakat akan meningkatnya polusi di perkotaan. Gerakan ini dipelopori oleh Kementrian Kehutanan agar meningkatkan budaya menanam pada masyarakat dan mengurangi polusi di perkotaan. Program ini, disambut meriah oleh masyarakat sehingga penanaman tiap tahunnya mencapai target.

Pohon merupakan komponen alam penting bagi manusia dan hewan. Pohon diketahui dapat mengurangi kadar CO2 di udara dan menghasilkan O2. Inilah masalah yang dihadapi setiap kota terutama dengan kendaraan yang banyak seperti Jakarta. Pohon juga dapat menahan laju air sehingga akan lebih banyak yang terserap ke dalam tanah. Selain itu, pohon juga melakukan fotosintesis supaya menghasilkan oksigen untuk kelangsungan hidup manusia dan hewan.

Namun, jangan hanya tertuju pada menanam saja melainkan Anda juga bisa ikut serta merawat pohon dan harus memperhatikan lingkungan sekitar dimana Anda bisa menanam, bukan asal menanam saja. "Orang kita kadang hanya menanam, tapi lupa merawatnya," ujar Suci. Beliau adalah Akademisi Fakultas Biologi Universitas Nasional. Pohon yang Anda tanam tidak harus pohon yang besar, jika Anda ingin berpartisipasi namun tidak memiliki lahan, Anda bisa saja menanam tanaman kecil yang tidak memerlukan tempat yang luas dari halaman rumah.

Cintai dan pelihara bumi kita bersama. Selamat Hari Gerakan Satu Juta Pohon!


By : Recruitment Corporate Summarecon

References:

http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/01/10-...

http://www.kplafkunair.org/index.php?option=com_co...

Share this Post:

Related Posts: