Hari Laut Sedunia

hari-laut-sedunia.jpg

Hari Laut Sedunia

Hari Laut Sedunia diperingati setiap tahunnya pada tanggal 8 Juni. Peringatan ini diajukan pertama kali pada tahun 1992 oleh Kanada di Earth Summit di Rio de Janeiro, Brasil. Hari peringatan ini disahkan oleh PBB pada akhir tahun 2008.

Hari Laut Sedunia merupakan hari peringatan untuk menghargai laut-laut di dunia dengan merayakan hasil-hasil yang disediakan oleh samudra, seperti makanan laut dan kehidupan laut untuk akuarium, hewan peliharaan dan waktu untuk menghargai nilai intrinsik itu sendiri. The Ocean Project, bekerja sama dengan World Ocean Network, Asosiasi Kebun Binatang dan Akuarium, dan rekan lain dalam jaringan dengan 2.000 organisasi di dalamnya telah mempromosikan Hari Laut Sedunia sejak tahun 2003.

Laut ibarat jantung planet kita. Seperti halnya jantung yang memompa darah ke seluruh bagian tubuh kita, lautan menghubungkan orang-orang di seluruh dunia, tak peduli di mana pun kita tinggal. Laut mengatur iklim, memberi makan jutaan orang tiap tahun, memproduksi oksigen, menyediakan obat-obatan dan menjadi rumah bagi aneka ragam kehidupan liar yang menakjubkan.

Namun polusi global dan sampah plastik yang mencermarkan laut jadi masalah dunia. Laporan penelitian mengungkapkan bahwa pada tahun 2010, delapan juta ton sampah plastik berakhir di lautan. Jika kita tidak melakukan sesuatu untuk menguranginya, pada tahun 2050 sampah plastik di laut akan lebih banyak dari jumlah ikan, seperti yang dilaporkan oleh World Economic Forum.

Maka dari itu, Hari Laut Sedunia juga digunakan untuk meningkatkan kesadaran dan memberi solusi keberlangsungan dunia dengan laut yang sehat. Mari kita lebih giat lagi mencintai dan menjaga ekosistem laut Indonesia dan juga dunia.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:

https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Laut_Sedunia

http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/06/sel...

http://www.damniloveindonesia.com/explore/detail/2-culture-/1166/Fakta-Laut-Indonesia-di-Hari-Laut-Sedunia!

Share this Post:

Related Posts: