Hari Lingkungan Hidup Sedunia

hari-lingkungan-hidup-sedunia-.jpg

Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 5 Juni. Hari Lingkungan Hidup Sedunia ditetapkan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa pada tahun 1972 untuk menandai pembukaan Konferensi PBB tentang Lingkungan Hidup Manusia yang berlangsung antara tanggal 5 - 16 Juni 1972 di Stockholm.

Pada 1974 Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati untuk pertama kalinya dengan mengangkat tema "Only One Earth". Setiap tahunnya peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia selalu mengambil tema yang berbeda-beda. Tema tahunan untuk Hari Lingkungan Hidup Sedunia ditentukan oleh United Nations Environment Programme.

Saat ini masyarakat dunia dihadapkan pada tantangan yang nyata dalam hal perlindungan lingkungan dan alam. Lingkungan dan alam sekitar membutuhkan perlindungan dari seluruh masyarakat. Lingkungan dan alam memiliki arti sangat besar dan bisa dikatakan menentukan hidup manusia, karena fungsi-fungsi alam yang bekerja juga bagi manusia.

Oleh karena itu dengan adanya Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PBB mengajak seluruh masyarakat dunia untuk meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam dan planet Bumi. Hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan instrumen penting yang digunakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan serta mendorong perhatian dan tindakan politik di tingkat dunia. Hari Lingkungan Hidup Sedunia mengingatkan masyarakat akan kewajiban untuk memanfaatkan kekayaan alam dengan sebaik-baiknya.


By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:

https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Lingkungan_Hidu...

https://merahputih.com/post/read/hari-lingkungan-h...

http://ppid.menlhk.go.id/siaran_pers/browse/621

Share this Post:

Related Posts: