Hari Palang Merah Internasional

hari-palang-merah-internasional.jpg

Hari Palang Merah Internasional

Kisah pribadi Henry Dunant yang dituangkan dalam sebuah buku mengenai penderitaan para tentara sewaktu perang menimbulkan ide akan terbentuknya Komite Bantuan Internasional untuk korban luka-luka pada tahun 1863. Untuk menghormati jasa-jasa Henry Dunant di bidang kemanusiaan maka sejak tahun 1948, setiap tanggal 8 Mei yang bertepatan dengan hari lahir beliau, ditetapkan sebagai Hari Palang Merah Internasional.

Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, atau biasa disingkat Palang Merah, merupakan kumpulan dari organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan. Gerakan Palang Merah terbagi menjadi Komite Internasional Palang Merah, sebagai institusi privat kemanusiaan, Federasi Internasional Komunitas Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, yang mengatur aktivitas anggota pergerakan palang merah dan bulan sabit merah di 188 negara yang tergabung dan Komunitas Nasional Palang Merah dan Bulan Sabit, yang hadir di setiap negara di dunia.

Peringatan Hari Palang Merah Sedunia bertujuan untuk menginspirasi, memfasilitasi, dan juga mempromosikan seluruh aktivitas kemanusiaan yang dilakukan oleh Komite Internasional Palang Merah dan anggota Komunitas Nasional yang ikut tergabung. Peringatan tersebut juga digunakan sebagai kesempatan untuk menghargai jasa para relawan dan staf yang berjuang menyelamatkan nyawa orang banyak.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:

http://indonesiakreatif.bekraf.go.id/ikevent/event...

http://uiupdate.ui.ac.id/node/15284

Share this Post:

Related Posts: